Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didampingi Ibu Negara, Jokowi Resmikan Kereta Cepat Whoosh

Kompas.com - 02/10/2023, 10:32 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh di Stasiun Halim pada Senin (2/10/2023).

Dalam persemian tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi beserta jajaran pejabat yang serempak mengenakan batik untuk memeringati Hari Batik Nasional 2023.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan," ucap Jokowi, dikutip dari siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden (Setpres).

Kereta Api (KA) Cepat Whoosh ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara karena melaju dengan kecepatan 350 kilometer per jam.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan hal ini menandai adanya modernisasi transportasi massal di Indonesia agar menjadi lebih efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi.

Selain itu, proyek KCJB adalah hal baru bagi bangsa Indonesia, mulai dari teknologi, konstruksi, kecepatan, hingga pembiayaannya.

Baca juga: Pengadaan Tanah KCJB Hampir 100 Persen Tuntas

Namun demikian, Jokowi berpesan agar bangsa Indonesia tidak takut belajar dan mencoba hal baru.

Selain itu, dalam pelaksanaan proyek juga tidak boleh alergi terhadap kritik, demi menghasilkan produk yang lebih baik untuk masa depan.

"Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga dan kita tidak perlu takut. Karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan semakin sedikit, biaya kesalahan juga akan semakin menurun, dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama kelamaan juga akan semakin rendah," tegas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com