Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBN Rp 7,7 Triliun Habis buat Bebaskan Lahan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Kompas.com - 08/01/2024, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menggelontorkan dana APBN sekitar Rp 7,7 triliun untuk pembebasan lahan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor.

Hal ini disampaikan oleh Dirut LMAN Basuki Purwadi saat peresmian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (8/1/2024).

Untuk diketahui, rangkaian ruas jalan tol sepanjang 14,8 kilometer tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Secara rinci, sekitar Rp 3,7 triliun dikucurkan untuk pembebasan lahan Tol Cijago, dan sekitar Rp 4 triliun untuk pembebasan lahan Tol Serpong-Cinere.

"Pembebasan lahan dari LMAN anggarannya berjalan dengan baik dan sudah disalurkan sesuai kebutuhan, terbukti hari ini bisa diresmikan," tutur Basuki Purwadi pada kesempatan tersebut.

Keberadaan jalan tol ini akan memudahkan warga dari arah Depok atau Bogor yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Diperkirakan waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cengkareng hanya sekitar 30 menit.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Sebagai informasi, Tol Cijago terdiri dari Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 kilometer yang telah beroperasi pada Februari 2012, Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer yang telah beroperasi pada Januari 2020.

Kemudian Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,25 kilometer telah beroperasi pada Desember 2022, dan Seksi 3B Junction Krukut-Limo sepanjang 2,19 kilometer.

Sedangkan Tol Serpong-Cinere terdiri dari Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang telah beroperasi sejak April 2021 dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com