Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Trans-Sumatera Dilintasi 1,5 Juta Kendaraan Selama Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 05/01/2024, 20:16 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) tercatat sebanyak 1,5 juta kendaraan melintasi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

PT Hutama Karya (Persero) mencatat jumlah kendaraan tersebut merupakan akumulasi selama dua pekan, mulai dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Volume lalu lintas (VLL) kali ini mengalami peningkatan hingga 38 persen jika dibandingkan VLL normal dan 52 persen lebih tinggi jika dibandingkan Nataru tahun 2022/2023.

Angka ini merupakan total VLL dari 9 ruas JTTS yang beroperasi penuh, yaitu Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka), Tol Palembang–Indralaya (Palindra), Tol Indralaya–Prabumulih (Inpra), Tol Bengkulu–Taba Penanjung (Bengtaba).

Baca juga: Arus Balik Natal 2023, 447.775 Kendaraan Keluar Tol Trans-Sumatera

Kemudian Tol Pekanbaru–Dumai (Permai), Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang), Tol Binjai-Langsa Seksi 1 & 2 (Binjai–Kuala Bingai), Tol Indrapura–Lima Puluh, dan Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 2–6 (Seulimeum–Baitussalam).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa dari total VLL tersebut, jalan tol yang memiliki trafik tertinggi terdapat di Tol Pekanbaru–Dumai sebanyak 303.446 kendaraan.

“Tingginya trafik di tol ini diperkirakan karena besarnya minat masyarakat dari Pekanbaru yang akan berlibur ke Melaka melalui Pelabuhan Internasional Dumai ataupun sebaliknya. Banyak masyarakat Dumai yang merayakan libur tahun baru di Pekanbaru,” jelas Tjahjo.

Sementara untuk 2 tol fungsional yang dibuka guna mendukung kelancaran Nataru adalah Tol Kuala Bingai–Tanjung Pura dilalui 62.000 kendaraan dari 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Sedangkan Tol Bangkinang–Koto Kampar, yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat, dilintasi 12.000 kendaraan selama periode 24 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Baca juga: Empat Proyek Tol Trans-Sumatera Akan Dicoret dari PSN

“Kendaraan yang melintasi kedua jalan tol fungsional tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I atau kendaraan pribadi. Dengan trafik yang signifikan tersebut, terlihat antusias tinggi pengguna jalan menggunakan JTTS sebagai jalur alternatif guna mempermudah akses antar kota maupun antar provinsi di Sumatera,” papar Tjahjo.

Lebih jauh, Tjahjo menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi, pelayanan Nataru di JTTS telah berjalan baik karena adanya persiapan matang dan sejumlah strategi yang diterapkan oleh Hutama Karya.

Mulai dari pemenuhan SPM dengan pembukaan rest area baru, penambahan fasilitas dan personil di lapangan hingga menerapkan metode rekayasa lalu lintas bersama dengan kepolisian daerah setempat.

“Kami juga meningkatkan kualitas jalan dengan melakukan pemeliharaan dan beautifikasi, sehingga zero pothole, agar aman dan nyaman untuk dilalui pengguna jalan tol,” tambah Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com