Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Jalan Adipala-Ayah-Jladri Kelar Dipersolek, Makin Lebar dan Mulus

Kompas.com - 05/01/2024, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan perbaikan jalan daerah pada ruas Adipala-Ayah-Jladri yang menghubungkan Kabupaten Cilacap dan Kebumen, Jawa Tengah (Jateng).

Ruas jalan sepanjang 44 km ini merupakan jalur logistik dan bagian dari jaringan jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang menghubungkan ke lokasi-lokasi pariwisata populer, seperti Pantai Ayah dan Karang Bolong di Kebumen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas jalan Adipala-Ayah-Jladri ditingkatkan kondisi aspalnya dan dilebarkan dari semula 5 meter menjadi 7 meter agar memberikan kenyamanan bagi pengendara.

"Kita tahu di ruas ini terdapat Pantai Ayah Kebumen yang merupakan salah satu destinasi pariwisata lokal. Dalam masa libur tahun baru 2024, ruas ini sangat padat dilalui," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (04/01/2024).

Baca juga: Ada Kemajuan, Ini Kondisi Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin

Perbaikan ruas Adipala-Ayah-Jladri terbagi dalam tujuh paket pekerjaan dengan total panjang 44 km.

Dua paket meliputi pekerjaan rehabilitasi dan pelebaran, serta dua paket pelebaran berada di Kabupaten Cilacap. Sisanya tiga paket pelebaran ruas Ayah-Jladri berada di Kabupaten Kebumen dan sebagian di Purworejo.

Ruas jalan Adipala-Ayah-Jladri yang terkoneksi dengan Jalan Pansela sendiri dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan, di samping Jalan Tol Trans-Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

"Perbaikan kondisi jalan menjadikan ruas lebih lancar, tetapi tidak hanya untuk sektor pariwisata tetapi juga sektor logistik di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya," tuturnya.

Menurut Basuki, selain ruas jalan Adipala-Ayah-Jladri, pekerjaan rehabilitasi dan pelebaran jalan daerah dilakukan Kementerian PUPR pada tahun 2023 dengan total 51 ruas jalan provinsi dan Kabupaten/kota sepanjang 282 km untuk Provinsi Jateng.

Perbaikan jalan daerah oleh pemerintah pusat ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah dengan alokasi anggaran di Jateng sebesar Rp 1,28 triliun.

"Melalui Inpres Jalan Daerah, jalan-jalan daerah yang rusak, terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri, dengan outlet dan pasarnya diperbaiki melalui bantuan dari pusat," pungkas Menteri PUPR itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com