Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Tahun Baru, Lalin Tol Cipali Ramai Lancar

Kompas.com - 01/01/2024, 11:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) arah Jakarta pada Senin (1/1/2024) pukul 10.00 WIB ramai lancar.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, tidak ada kemacetan yang terjadi di sepanjang Tol Cipali hingga Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Sementara Astra Infra selaku pengelola Tol Cipali memperkirakan, puncak arus balik tahun baru akan terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2024.

"Untuk mencegah terjadinya kepadatan dan meningkatkan kenyamanan, kami mengimbau masyarakat dapat menghindari perjalanan pada puncak arus balik tahun baru yang diperkirakan pada tanggal 1-2 Januari 2024," ujar Ketua Gugus Tugas Nataru Astra Infra 2023 Rinaldi, dikutip dari keterangan resmi.

Menjelang puncak pergantian tahun baru pada tanggal 30 Desember 2023, tercatat 306.941 kendaraan melintasi 3 ruas Tol Astra Infra, yaitu Tol Tangerang-Merak, Tol Cipali, Tol Jombang-Mojokerto meningkat 3,4 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Sedangkan untuk akumulasi volume kendaraan pada periode Natal-tahun baru tanggal 18-30 Desember 2023, tercatat sebesar 3.923.470 kendaraan melintas, meningkat sekitar 6,6 persen dari periode yang sama pada Natal-tahun baru 2022.

Baca juga: Akses Km 149 Tol Padaleunyi Ditutup Mulai Senin Pukul 22.00 WIB

Pengguna jalan tol diimbau untuk dapat rutin memonitor informasi lalu lintas, memastikan kesiapan kondisi kendaraan dan kondisi tubuh, menyiapkan kebutuhan perjalanan, mematuhi peraturan lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

Untuk mencegah kelelahan, pengguna jalan juga diimbau untuk dapat beristirahat di rest area maksimal selama 30 menit setelah 4 jam berkendara berturut-turut.

Jika rest area penuh, pengguna jalan dapat juga beristirahat di luar jalan tol untuk kemudian kembali masuk ke tol tanpa dikenakan biaya tambahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com