Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Oneway" Mulai Km 188 Tol Cipali Arah Jakarta Pukul 14.00 Siang

Kompas.com - 26/12/2023, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung kelancaran lalu lintas pada puncak arus balik Natal 2023, akan diberlakukan oneway mulai Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan hingga Km 72 Cikampek.

Oneway tersebut akan dilakukan pada Selasa (26/12/2023) pukul 14.00-24.00 WIB atas diskresi Kepolisian berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat menuju arah Jakarta.

Rekayasa lalu lintas dilanjutkan dengan contraflow dari Km 72 Cikampek-Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta. Pemberlakuan contraflow juga akan dilaksanakan secara situasional berdasarkan diskresi Kepolisian.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur (Jalan Tol Cipali) akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura.

Kemudian penggun jalan bisa masuk kembali ke Jalan Tol Trans-Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci).

"Sementara itu, bagi pengguna jalan dari arah Bandung (Cipularang/Padaleunyi) menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung masih bisa menggunakan Jalan Tol Japek secara normal," ujar Lisye, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Jalan-jalan di Bali? Jangan Lupa Cek Tarif Terbaru Tol Bali-Mandara

Lisye mengimbau pengguna jalan yang masih belum melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Siapkan saldo uang elektronik minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta guna menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama (Cikatama).

"Pastikan kondisi kendaraan dan pengemudi prima, dilarang berhenti di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dilarang untuk berpindah lajur secara tiba-tiba terutama untuk pengguna jalan yang masuk ke jalur one way," imbau Lisye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com