Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kecamatan di Solo Ini Paling Diminati Pembeli Rumah

Kompas.com - 26/12/2023, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Persentase permintaan rumah di Solo atau Surakarta, Jawa Tengah, menunjukkan tren peningkatan sejak awal tahun 2023.

Berdasarkan Flash Report Rumah123.com edisi Desember 2023, secara year-to-date untuk permintaan rumah jual sebesar 49,1 persen dan rumah sewa sebesar 55,3 persen.

Terdapat lima kecamatan di Surakarta yang paling diminati, yaitu Banjarsari 37,3 persen, Jebres 35,9 persen, Laweyan 17,0 persen, Pasar Kliwon 5,7 persen, dan Serengan 4,1 persen.

Dari segi pembeli potensial, rumah di Surakarta diminati oleh kalangan pembeli dari dua wilayah terdekat, seperti Yogyakarta 21,1 persen dan Semarang 15,8 persen.

Kemudian, diikuti calon pembeli potensial dari kota Surakarta itu sendiri 14,1 persen dan bahkan Jakarta 10,4 persen.

Baca juga: Kenaikan Harga Rumah di Solo Ungguli Surabaya dan Semarang

Mayoritas calon pembeli rumah di Surakarta merupakan generasi muda, dengan rentang usia 18 tahun-44 tahun sebesar 73,9 persen.

Disusul rentang usia 45 tahun-54 tahun sebesar 16,8 persen, usia 55 tahun-64 tahun 7,2 persen dan usia di atas 65 tahun 2,1 persen.

Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia, Bharat Buxani menyampaikan, masuknya Jakarta ke dalam empat besar pembeli potensial hunian di Surakarta menunjukkan minat yang signifikan dari individu-individu di kota megapolitan dalam mencari alternatif.

Hal itu mengingat Surakarta memiliki biaya hidup yang lebih terjangkau, menawarkan potensi kualitas gaya hidup yang lebih tenang, serta jauh dari hiruk-pikuk kota besar.

"Terlebih Surakarta menempati peringkat pertama Kota Paling Nyaman Dihuni atau Most Liveable City di Indonesia versi Ikatan Ahli Perencana (IAP) pada 2022 lalu," pungkas Bharat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com