Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Rumah di Solo Diminati Pembeli dari Jakarta, Ini Alasannya

Kompas.com - 25/12/2023, 14:33 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Orang-orang yang berminat membeli rumah di Surakarta atau Solo tidak hanya berasal dari wilayah-wilayah sekitarnya.

Pasalnya, cukup banyak orang dari Jakarta yang memilih Solo sebagai tempat untuk membeli rumah.

Berdasarkan Flash Report Rumah123.com edisi Desember 2023, sejak awal tahun 2023, permintaan rumah di Surakarta mengalami tren peningkatan.

Dengan pertumbuhan secara year-to-date permintaan rumah jual sebesar 49,1 persen, dan rumah sewa sebesar 55,3 persen.

Baca juga: Kenaikan Harga Rumah di Solo Ungguli Surabaya dan Semarang

Dari segi pembeli potensial, hunian di Surakarta diminati oleh kalangan pembeli dari dua wilayah terdekat, seperti Yogyakarta 21,1 persen dan Semarang 15,8 persen.

Kemudian diikuti calon pembeli rumah dari Kota Surakarta sendiri 14,1 persen, dan Jakarta 10,4 persen.

Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia, Bharat Buxani mengatakan, masuknya Jakarta ke dalam empat besar pembeli potensial hunian di Surakarta menunjukkan adanya minat yang signifikan dari individu-individu di kota megapolitan dalam mencari alternatif pilihan.

"Mengingat Surakarta memiliki biaya hidup yang lebih terjangkau, menawarkan potensi kualitas gaya hidup yang lebih tenang serta jauh dari hiruk-pikuk kota besar," ujarnya dalam keterangan tertulis.

"Terlebih Surakarta menempati peringkat pertama Kota Paling Nyaman Dihuni atau Most Liveable City di Indonesia versi Ikatan Ahli Perencana (IAP) pada 2022 lalu," tandas Bharat.

Ada pun secara keseluruhan, mayoritas calon pembeli rumah di Surakarta merupakan generasi muda, dengan rentang usia 18 tahun-44 tahun 73,9 persen.

Kemudian disusul rentang usia 45 tahun-54 tahun sebesar 16,8 persen, usia 55 tahun-64 tahun sebesar 7,2 persen, dan usia di atas 65 tahun sebesar 2,1 persen.

Terdapat lima kecamatan di Surakarta yang paling diminati, yaitu Banjarsari 37,3 persen, Jebres 35,9 persen, Laweyan 17,0 persen, Pasar Kliwon 5,7 persen, dan Serengan 4,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com