Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng JHF Jepang, BP Tapera Menuju Institusi Pembiayaan Rumah Subsidi Kelas Dunia

Kompas.com - 16/12/2023, 18:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperkuat perannya sebagai institusi pembiayaan dan layanan perumahan subsidi kelas dunia, BP Tapera menggandeng Japan Housing Finance Agency (JHF).

Nota kerja sama selama dua tahun ini ditandatangani Komisioner BP Tapera Adi Setianto dan Senior Executive Director JHF Yoshida Hideo, di Langham Hotel Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka pertukaran informasi terkait penelitian dan program mengenai  instrumen keuangan sekaligus meningkatkan stabilitas pasar perumahan dan pasar pembiayaan perumahan.

Selain itu juga terkait dengan pembuatan metodologi atau instrumen penghimpunan dana untuk mengoptimalkan penyediaan rumah terutama bagi rumah tangga berpendapatan menengah ke bawah, informasi mengenai pasar perumahan dan pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dan Jepang.

BP Tapera dan JHF akan saling berbagi tentang tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan pengungkapan untuk kelancaraan pelaksanaan program pembiayaan perumahan, perbandingan sistem pembiayaan perumahan, yang tidak terbatas pada strategi bisnis, pengembangan produk seperti green mortgage dan sistem hukum di Indonesia dan Jepang.

Baca juga: Pemerintah Pertimbangkan Flat 35 Jepang Jadi Skema Pembiayaan Rumah Subsidi

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, kerja sama ini juga akan membahas tentang perbandingan standar perumahan, teknologi, kerangka peraturan dan sertifikasi (inspeksi), perbandingan antara mengidentifikasi berbagai prospek, hambatan, tantangan dan strategi untuk meningkatkan minat investor publik dan swasta di sektor pembiayaan perumahan dan pengembangan sumber daya manusia untuk tujuan BP Tapera dan JHF.

“Kami ingin memperkuat hubungan kerja sama di bidang penelitian dan program terkait pembiayaan perumahan bersubsidi dan dukungan pasar perumahan. Melakukan eksplorasi solusi untuk masalah perumahan, bertukar informasi dan program di bidang perumahan,” ungkap Adi.

Sementara itu, Senior Executive Director JHF Yoshida Hideo menyampaikan metode kerja sama yang akan dilaksanakan adalah saling berbagi informasi dan bertukar pandangan tentang pasar perumahan dan pembiayaan perumahan baik di Indonesia dan Jepang.

Kemudian melakukan survei atau penelitian bersama dibidang pasar perumahan dan pembiayaan perumahan serta menjadi tuan rumah dalam kegiatan bersama, lokakarya juga konferensi tentang perumahan dan pasar pembiayaan perumahan di Indonesia maupun Jepang.

Baca juga: Sepanjang 2023, BP Tapera Salurkan Dana FLPP Sebesar Rp 26,32 Triliun

"Selain itu juga berpartisipasi dalam proyek-proyek bersama, saling bertukar SDM jika diperlukan, membuka peluang kerja sama dengan badan hukum lainnya di masing-masing negara tetapi tidak terbatas pada kementerian dan organisasi negara lainnya," ujarnya.

Kerja sama ini dilatarbelakangi kunjungan BP Tapera ke JHF dalam rangka menjalin kerja sama dengan institusi internasional dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai ekosistem pembiayaan perumahan yang ada di Jepang pada 2022.

Kemudian pada tahun yang sama JHF sersama Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan perumahan Kementerian PUPR dan SMF merilis dokumen penelitian yang berjudul “Join Data Survey on Housing and Housing Finance market in Indonesia”.

Selanjutnya serangkaian kegiatan di atas dilanjutkan dengan adanya kegiatan pelatihan dengan tema “Training program for Further Housing Finance Development in Indonesia” yang diinisiasi oleh JHF pada Oktober 2023 dengan mengundang perwakilan dari ekosistem pembiayan perumahan yakni DJPI, SMF dan BP Tapera.

Adapun kegiatan ini sekaligus memperingati kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 65 tahun. Program pelatihan tersebut sejalan dengan fase III Rencana Strategis BP Tapera Tahun 2023-2024 yaitu meningkatkan kredibilitas instituasi dan layanan menuju kelas dunia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com