Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Gelar HSE Awards, Ciputra Catat Tren Penurunan Kecelakaan Kerja

Kompas.com - 28/11/2023, 15:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsisten membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja atau health, safety & environment (HSE), PT Ciputra Residence mencatat penurunan signifikan tingkat kecelakaan dalam operasionalnya.

President Director PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata menuturkan, budaya K3 yang sudah diimplementasikan sejak 2015 membuahkan hasil sesuai ekspektasi.

Tren kecelakaan kerja terus menurun. Tahun 2016 terdapat 26 kasus kecelakaan kerja, setahun kemudian yakni tahun 2017 sempat naik menjadi 37 kasus kecelakaan kerja.

Penurunan terjadi sejak tahun 2018, 2019, periode Covid-19 tahun 2020-2022 hingga terakhir per Oktober 2023 terdapat 9 kasus kecelakaan kerja.

"Tahun ini hanya tercatat 9 kasus kecelakaan kerja. Itu pun karena kelalaian, bukan faktor alat teknis atau sistem. Kami punya Standard Operational Procedure (SOP) yang ketat dan menjadi acuan bagi semua, baik mitra kontraktor, maupun vendor pemasok material bangunan," ungkap Budiarsa menjawab Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Untuk mengapresiasi para mitra kontraktor dan karyawan internal proyek dalam mengimplementasikan serta membudayakan progam HSE ini, PT Ciputra Residence menggelar HSE Awards 2023 dengan tema “Continuing the HSE Culture Excellence”.

Dengan tema tersebut, perusahaan menunjukan komitmen yang tinggi dalam mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menerapkan program-program HSE.

Menurut Budiarsa, PT Ciputra Residence merupakan pengembang pertama di Indonesia yang secara konsisten menyelenggarakan HSE Awards.

“Dengan adanya penghargaan, ini kami berharap dapat menjadi motivasi bagi semua untuk saling berlomba menjadi yang terbaik dalam menerapkan budaya HSE guna mencapai tujuan bersama yakni zero accident dan zero loss time injury dalam setiap pembangunan proyek PT Ciputra Residence.

"Tahun ini memang masih ada kasus kecelakaan kerja. Kami harapkan tahun 2024 mendatang, target zero accident  100 persen bisa tercapai," imbuhnya.

Adapun kategori yang dikompetisikan pada HSE Awards 2023 yakni Best HSE Officer Contractors untuk 8 pemenang, Best Implementation HSE Contractors 8 pemenang, Best Implementation 5R untuk 4 pemenang, dan Contractors with Zero Accident 69 pemenang.

Kemudian Project With Zero Accident 8 pemenang, HSE Improvement Project untuk 3 pemenang. Adapun kriteria penilaian didasarkan pada HSE Scoring, Non Conformities Report and Corrective Action Request (NCR CAR), Incident Report serta pengamatan langsung di lapangan.

Keberhasilan PT Ciputra Residence dalam membudayakan HSE membawa dampak positif bagi keberlanjutan bisnis dan merupakan investasi jangka panjang bagi setiap perusahaan.

Tidak saja pada catatan penjualan yang terus meningkat, melainkan juga kepercayaan pasar yang dibuktikan dengan sejumlah rekognisi, terbaru adalah Newsweek yang mendapuk Ciputra Group sebagai perusahaan pengembang tepercaya nomor satu di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com