Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2023, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komitmen Ciputra Group untuk merealisasikan proyek kawasan terpadu di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur, memasuki babak baru.

Proyek bertajuk Citra City Nusantara tersebut, saat ini dalam tahap persetujuan kerja sama dengan pemerintah.

Dalam berbagai kesempatan, Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menargetkan realisasi pembangunan Citra City Nusantara ini pada Kuartal IV-2024.

“Ini kami sedang propose. Begitu disepakati dan disetujui pemerintah ya akan jalan. Kami mesti ikut programnya pemerintah, jadi ya secepatnya sesuai pemerintah,” kata Budiarsa dalam Seminar Nasional “Peluang Bisnis Properti di Nusantara, Ibu Kota Negara Berstandar Dunia”, di Ciputra Artpreneur, Ciputra World Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Saat ini Ciputra Group melalui PT Citra Group Kotabaru tengah membahas penetapan lokasi di IKN.

Baca juga: Kuartal Ketiga, Pendapatan dan Laba Bersih Ciputra Turun

Budiarsa memastikan, posisi kawasan terintegrasi tersebut tidak akan berlokasi di KIPP atau Sumbu Kebangsaan.

“Nah itu masih dicari tempat lokasi yang paling tepat. Karena sekarang kan pemerintah masih konsentrasi pengembangan di sumbu kebangsaan. Kami pasti bukan di sumbu-lah, karena proyeknya kan kawasan,” ucapnya.

Citra City Nusantara dirancang seluas 300 hektar, mencakup botanical garden, golf academy & driving range, multiple mixed-use retail and residences, fasilitas meeting, incentives, convention and exhibition (MICE), hotel, mal, dan perumahan tapak atau landed houses.

Rinciannya, luas kawasan hunian sekitar 882.402 meter persegi, kawasan komersial seluas 198.274 meter persegi, lapangan golf seluas 1,17 juta meter persegi, dan infrastruktur berserta fasilitas umum dan sosial seluas 740.292 meter persegi.

Dari total luas lahan konsesi, Tahap I akan dibangun 150 hektar dengan proyek perdana berupa hotel, fasilitas MICE, dan lapangan golf.

“Kami melihat pada tahap awal pengembangan kota baru itu, pasti orang akan butuh datang tempat menginap dan tempat pertemuan-pertemuan dan pameran. Kami melihat potensinya ada pada di kawasan yang berkonsep MICE,” jelas Budiarsa.

Baca juga: Ciputra Bangun Kawasan Terintegrasi di IKN, Ada Hunian dan Lapangan Golf

PT Citra Group Kotabaru merencanakan pengembangan awal kawasan terpadu dimulai dengan infrastruktur dasar dalam waktu pengembangan satu tahun hingga dua tahun. Sementara itu, untuk konstruksi bangunan baru, akan dimulai setelah infrastruktur dasar dirampungkan.

Termasuk pembangunan hotel, dan fasilitas lainnya diharapkan dapat selesai dalam kurun waktu tiga tahun setelah infrastruktur lengkap.

Perusahaan juga berencana untuk menggarap proyek rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN. Ciputra Group sudah mengajukan proposal kepada Badan Otorita IKN untuk skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

“Kami sudah memasukkan proposal untuk skema KPBU ke Otorita IKN dan masih menunggu feasibility study dari kami karena sudah mendapatkan letter to proceed [LTP],” terang Budiarsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com