Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Resmikan Mercure Pangkalan Bun

Kompas.com - 25/10/2023, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin meresmikan Mercure Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (25/10/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden menyampaikan, sektor pariwisata merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia yang ditandai dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Bangga Berwisata di Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia.

Wakil Presiden mengapresiasi upaya untuk turut mendukung pengembangan pariwisata Kalimantan Tengah dengan membangun hotel bintang empat di Pangkalan Bun.

Baca juga: 20 Hari sejak Dipasangi Spanduk, Hotel Sultan Masih Ramai Tamu

Chief Executive Officer of Accor’s Premium, Midscale and Economy Division Asia Garth Simmons berharap kehadiran Mercure Pangkalan Bun memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan sektor pariwisata di wilayah ini.

"Kami dengan antusias menantikan kedatangan para tamu ke hotel yang terinspirasi dari budaya lokal ini, dengan menyediakan layanan dan fasilitas berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dan acara mereka," ujar Garth.

Chief Transformation Officer Citra Borneo Indah Group Monica Putri Rasyid perusahaan pemilik Mercure Pangkalan Bun menambahkan, pembangunan hotel ini berawal dari cita-cita Perusahaan untuk menghadirkan akomodasi yang berkualitas bagi para wisatawan mancanegara maupun domestik.

"Kami berharap kehadiran hotel ini menjadi rumah yang nyaman bagi para tamu untuk menginap, berkumpul, maupun menyelenggarakan berbagai acara. Kami senang bermitra dengan Accor karena kami yakin bahwa bisnis kami berada di tangan yang tepat," tutur Monica.

Pangkalan Bun, Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat di Provinsi Kalimantan Tengah, merupakan gerbang menuju Taman Nasional Tanjung Puting, destinasi wisata terkenal yang mudah dijangkau dari Mercure Pangkalan Bun.

Baca juga: Rambah Bisnis Perhotelan, Citra Swarna Akuisisi Hotel Bintang 4 di Palembang

Lokasi strategis ini menjadikan hotel sebagai titik awal yang ideal bagi pelancong yang ingin menjelajahi keajaiban alam Tanjung Puting.

Mercure Pangkalan Bun adalah properti pertama Accor Group di Provinsi Kalimantan Tengah. Hotel ini mencakup 150 kamar dan suite serta dilengkapi dengan restoran, lounge, ballroom, ruang pertemuan, area kebugaran, dan kolam renang.

Berlokasi hanya 15 menit berkendara dari Bandara Iskandar, hotel ini menawarkan lokasi ideal bagi pelancong yang melakukan perjalanan bisnis ataupun berlibur.

Lobby hotel menampilkan konsep 'Rumah Betang' yang menakjubkan, terinspirasi oleh rumah tradisional suku Dayak yang dikenal karena semangat dan persatuan komunal mereka.

Desain interiornya menggabungkan elemen-elemen alami seperti anyaman rotan dan kayu, menciptakan hubungan selaras dengan lingkungan alam sekitar.

Mercure Pangkalan Bun menggunakan produk-produk lokal pilihan dari komunitas lokal, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), atau industri kreatif dan secara aktif berpartisipasi dalam program pemerintah seperti Bangga Buatan Indonesia dan Beli Kreatif Lokal.

Sejalan dengan komitmen Accor terhadap program kelestarian lingkungan, Mercure Pangkalan Bun tidak menggunakan plastik sekali pakai di seluruh area hotel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com