Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol JORR Elevated Dimulai Tahun Depan, Siap Operasi pada 2027

Kompas.com - 17/10/2023, 12:16 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami bakal dimulai pada Juli 2024 mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menyebutkan, proyek ini ditargekan rampung pada Maret 2027.

"Jadwal konstruksi berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) selama 33 bulan sejak Juli 2024 sampai Maret 2027, dan jadwal pengoperasian pada April 2027," jelasnya, Selasa (17/10/2023).

Proyek Tol JORR Elevated ini mendapatkan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) untuk memitigasi risiko pembangunan proyek infrastruktur.

"Pembangunan Tol JORR Elevated dengan total panjang mencapai 21,6 kilometer dengan biaya investasi Rp 21,26 triliun dengan masa konsesi 45 tahun," imbuh Munir.

Adapun saat ini hingga proyek resmi dimulai, pemerintah akan mengadakan pengadaan lahan selama 12 bulan dengan nilai Rp 1,68 triliun.

Baca juga: Progres Proyek Tol IKN Segmen 3B, Capai 37 Persen

Proyek Tol JORR Elevated merupakan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas prakarsa badan usaha atau unsolicited.

Sebelumnya, telah dilakukan PPJT oleh BPJT dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jakarta Metro Exspressway, pada Rabu (12/10/2023).

Sebagai informasi, pemenang lelang Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami telah ditetapkan berdasarkan Surat Menteri PUPR pada 12 Juli 2023 yang diprakarsai Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk, yang kemudian membentuk BUJT PT Jakarta Metro Exspressway.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com