Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol JORR Elevated Segera Dibangun, Nilai Investasinya Rp 21,26 Triliun

Kompas.com - 13/10/2023, 17:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami akan dibangun dalam waktu dekat.

Pasalnya, telah dilakukan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jakarta Metro Exspressway, pada Rabu (12/10/2023).

Sebagai informasi, pemenang lelang Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami telah ditetapkan berdasarkan Surat Menteri PUPR pada 12 Juli 2023 yang diprakarsai Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk, yang kemudian membentuk BUJT PT Jakarta Metro Exspressway.

Pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami dengan total panjang mencapai 21,6 Km dengan biaya investasi sebesar Rp 21,26 triliun dan masa konsesi 45 tahun terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Kepala BPJT Miftachul Munir mengatakan, Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami merupakan Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas Prakarsa Badan Usaha (unsolicited) dan mendapat penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PII.

"Dengan dibangunnya Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami yang akan tersambung dengan jaringan jalan Tol JORR, nantinya diharapkan dapat mengurangi beban kepadatan lalu lintas kendaraan tol eksisting tersebut," ujar Miftachul Munir dikutip dari laman BPJT.

Baca juga: PPJT Tol JORR Elevated Resmi Diteken, META Pemegang Saham Mayoritas

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Metro Exspressway Danni Hasan menambahkan, Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami akan segera dimulai pembangunannya.

Selain mengurai kemacetan pada Jalan Tol JORR eksisting, jalan tol ini akan semakin meningkatkan kapasitas dan menyediakan jalur alternatif jarak jauh bagi pengendara yang akan berpergian dari dan ke Bandara Soekarno Hatta.

"Dalam proses pelaksanaannya, JKTMetro akan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Good Corporate Governance (GCG) dengan mengikuti peraturan, kebijakan dan prosedur sesuai ketentuan dalam PPJT, peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku, termasuk memenuhi segala kriteria dan syarat pembangunan proyek yang disertai dengan analisis dampak lingkungan secara cermat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com