Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kutepat, Mudahkan Akses Menuju Wisata Danau Toba

Kompas.com - 11/10/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat).

Tol Kutepat nantinya akan memudahkan akses dari Medan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Selasa (10/10/2023), tol ini akan memangkas waktu perjalanan Medan-Danau Toba dari 3,5 jam menjadi 1,5 jam.

Progres pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,40 kilometer saat ini sudah selesai 100 persen.

Kemudian Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,05 kilometer mencapai 95,36 persen.

Lalu Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 kilometer sudah 87,68 persen, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 kilometer telah mencapai 68,71 persen.

Baca juga: Jalan Akses Tol Makassar New Port Akan Segera Dibuka

Keempat seksi Tol Kutepat tersebut ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2023 ini.

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,30 kilometer dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,70 kilometer yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap finalisasi desain.

Nantinya Tol Kutepat akan tersambung langsung dengan jalan tol yang berada di Sumatera Utara, yakni Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura-Kisaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com