Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Juara Kompetisi Alat Berat Trakindo, Ada Sekolahmu?

Kompas.com - 07/10/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trakindo Utama atau Trakindo mengumumkan, SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2023.

Mengusung tema “Raih Prestasi Cemerlang, Bangun Masa Depan Gemilang”, penyelenggaraan K3TAB 2023 yang berlangsung sejak 30 September ini menjangkau lebih dari 30 peserta SMK dan Politeknik jurusan alat berat dari berbagai wilayah Indonesia.

Chief Administration Officer Trakindo Yulia Yasmina menuturkan, penyelenggaraan K3TAB merupakan ajang mengidentifikasi kemampuan dan potensi peserta didik jurusan Teknik Alat Berat dalam kaitannya dengan kesiapan peserta didik untuk memasuki dunia kerja.

Yulia mengungkapkan, ini merupakan bagian dari program CO-OP yang sudah Trakindo lakukan sejak 1996, dan menjadi salah satu gambaran keseriusan Trakindo dalam berkontribusi memajukan pendidikan vokasi Alat Berat di tanah air.

Baca juga: Produsen Alat Berat Asal China Kian Menjamur, Ini Respons Trakindo

"Kami berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat terus memiliki semangat untuk bersama-sama melanjutkan sinergi baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa,” jelas Yulia dalam rilis, Sabtu (7/10/2023).

Lebih banyak dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan K3TAB tahun ini diikuti oleh 8 SMK dan 5 Politeknik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk SMK ini meliputi, SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 1 Mimika, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Dumai, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sorong, dan SMKN 6 Samarinda.

Sementara untuk peserta Politeknik terdiri dari Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Padang, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Samarinda.

K3TAB dirancang untuk meninjau kompetensi (skill dan knowledge) yang diperoleh peserta didik selama kurang lebih 2 tahun, sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Dengan demikian, materi-materi yang diujikan disesuaikan dengan yang telah diperoleh peserta didik dalam kurun waktu tersebut.

Secara umum, para peserta pada kompetisi ini diuji melalui 4 tahap, dengan melibatkan tim juri para ahli atau profesional dari Trakindo.

Di antaranya Innovation Presentation untuk memaparkan 1 judul resentasi dalam Bahasa Indonesia, Knowledge Assessment dengan ujian tertulis dan mengidentifikasi nama-nama komponen pada engine dan machine, dan Practical Assessment dengan melakukan pekerjaan, mulai dari menentukan reusability suatu komponen, hingga melakukan Preventive Maintenance (perawatan) pada engine.

Selain itu, dinilai juga soal teamwork maupun attitude selama melakukan kegiatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com