Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Girder Merah Putih di "Flyover" Aloha Sidoarjo Mulai Dipasang

Kompas.com - 27/09/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Steel Box Girder Merah Putih di Flyover Aloha Sidoarjo, Jawa Timur mulai dipasang.

Pada pekerjaan Erection ini, PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (Wikaikon) selaku Perusahaan Engineering, Production & Instalation (EPI) anak perusahaan dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk telah memasang 10 Box Girder 2 segmen sejak tanggal 23 September 2023.

Steel Box Girder ini diproduksi dalam waktu dua bulan di Pabrikasi Baja Majalengka sebelum kemudian dikirim ke Sidoarjo.

Sejumlah kelebihan penggunaan Stell Box Girder, antara lain lebih baik secara visual dengan komposisi warna, lebih ramah lingkungan, dimensi struktural bawah lebih optimal, kapasitas penggunaan alat angkat lebih efisien, proses lifting lebih cepat dan membutuhkan area kerja yang lebih sedikit.

Proyek ini memiliki tantangan dengan jenis curve bridge (radius) yang membutuhkan keakuratan dalam proses fabrikasi dan instalasi.

Untuk mendapatkan hasil fabrikasi yang sesuai dengan desain, Wikaikon melakukan full trial assembly di pabrik Majalengka.

Baca juga: Investor China Disebut dalam Wacana Pembangunan Jembatan Sumatera-Bangka

Juga dilakukan analisa Construction Engineering Services (CES) untuk mengevaluasi tahapan urutan pekerjaan dan perubahan perilaku struktur di fase konstruksi instal jembatan.

Lalu, memastikan tidak terjadinya uplift dan terpenuhinya stabilitas di setiap tahapan konstruksi sehingga aman dan presisi sesuai dengan perencanaan desain.

Direktur Utama Wikaikon Agus Pramono mengatakan, proyek ini menggunakan temporary support shoring yang kebutuhannya telah dianalisa oleh tim engineering Wikaikon.

"Proses erection di pilar 7A dan pilar 8A Wikaikon menekankan penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan standar K3 yang tinggi dan selalu menjadi fokus kepada pengerjaan proyek," jelasnya, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (27/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com