Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Proyek "Flyover" di Daerah Sei Ladi Dimulai Konstruksinya

Kompas.com - 26/04/2023, 11:16 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Kawasan Pura Agung menuju Universitas Internasional Batam (UIB) hingga ke Simpang Laluan Madani, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan membangun flyover.

“Insya Allah, pembangunan flyover dan peningkatan jalan dari Pura Agung-UIB hingga ke Simpang Laluan Madani dimulai tahun 2024 mendatang,” kata Kepala BP Batam H Muhammad Rudi di Batam Centre, Rabu (26/4/2023).

Rudi menuturkan, sejumlah proyek infrastruktur akan diprioritaskan pembangunannya demi menjadikan Batam sebagai kota baru yang modern.

Baca juga: Batam Bakal Bangun LRT, Lelang Proyek Ditargetkan Akhir 2023

Sebut saja, perluasan Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Batu Ampar, dan pelebaran jalan-jalan utama di seluruh wilayah kota.

Nah, pengembangan flyover ini untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat pada ruas jalan dari Simpang UIB ke Simpang Laluan Madani dan sebaliknya yang saat ini baru satu jalur dengan dua lajur.

Master plan flyover dari Pura Agung-UIB hingga ke Simpang Laluan Madani. BP Batam Master plan flyover dari Pura Agung-UIB hingga ke Simpang Laluan Madani.
Ke depannya akan dibangun menjadi dua jalur dengan empat lajur (dua lajur di bagian kanan dan dua lajur di bagian kiri).

Ditambah dengan rencana flyover yang membentang di atas ruas jalan dari Laluan Madani menuju UIB tersebut.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu menghentikan kendaraannya untuk sampai ke tempat tujuan. Begitu juga dengan kendaraan atau alat berat akan langsung naik ke flyover dan tidak boleh lagi melewati jembatan Sei Ladi.

Sebagaimana diketahui, jembatan Sei Ladi sudah berusia hampir 50 tahun. Sehingga, jika jembatan itu terus digunakan dan dilalui oleh kendaraan berat, akan membahayakan.

“Maka dari itu, nanti jembatan Sei Ladi hanya dilewati kendaraan roda empat atau kendaraan ringan. Tapi, kalau flyover ini boleh dilewati oleh semua kendaraan. Mulai dari roda empat, roda dua, maupun alat berat,” jelas Rudi.

Dia mengharapkan, seluruh pembangunan flyover dapat berjalan sesuai dengan perencanaan, dan apabila akses jalan selesai, tentunya akan berdampak pada perekonomian Kota Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com