Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMF Gandeng Bank Dinar, Tekan "Backlog" Rumah di NTB

Kompas.com - 22/09/2023, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bekerja sama dengan PT Bank Perekonomian Rakyat Syariah Dinar Ashri atau Bank Dinar sebagai upaya menekan backlog rumah di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sinergi SMF dan Bank Dinar direalisasikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama Uncommitted Facility Line oleh Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) SMF Leo Khadafi dan Direktur Utama Bank Dinar Mustaen, pada Kamis (14/9/2023) di Mataram.

Merujuk kepada data Badan Pusat Statistik (BPS) Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2022, backlog kepemilikan rumah di NTB mencapai 127.000 unit atau 8,4 persen dari total rumah tangga di NTB.

Leo mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari rencana startegis SMF yang sejalan dengan peran dan fungsinya Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan.

SMF akan menyediakan fasilitas penyaluran pembiayaan perumahan kepada Bank Dinar senilai Rp 50 miliar.

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk memperluas akses pemilikan rumah bagi masyarakat NTB.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Rumah Subsidi Dibangun di Lokasi yang Aman

"Kali ini kami bermitra dengan Bank Dinar yang merupakan BPRS terbesar di Provinsi NTB untuk memfasilitasi pembiayaan perumahan secara end-to-end dimulai dari pembiayaan bagi developer untuk pembangunan rumah, KPR Syariah untuk pemilikan rumah, serta renovasi rumah dan pembiayaan mikro terkait perumahan," ungkap Leo, dikutip dari keterangan resmi.

Masyarakat Lombok dapat mengakses berbagai manfaat yang tersedia dalam fasilitas pembiayan perumahan ini, mulai dari pembiayaan konstruksi perumahan, pembelian rumah, renovasi rumah, hingga kebutuhan pembuatan sanitasi serta saluran air bersih untuk tempat tinggal warga.

Sementara Mustaen mengatakan, Bank Dinar berkomitmen dalam memberikan perhatian lebih untuk mendukung sektor properti secara masif melalui berbagai program yang diperuntukan baik langsung kepada masyarakat maupun pembiayaan kepada pengembang.

Selain pembiayaan KPR Syariah, Bank Dinar juga telah meluncurkan Program Pembiayaan Griya Mikro, yang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin membeli tanah, membangun rumah hingga renovasi rumah.

"Kami berharap sinergi ini bisa menjawab kebutuhan serta memfasilitasi masyarakat dalam hal memiliki rumah hunian yang layak dan meningkatkan kualitas masyarakat di wilayah NTB," harap Mustaen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com