Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memberikan tawaran kepada Jepang untuk membangun Bendungan Batu Lepek di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Batu Lepek dirancang untuk menambah pasokan air minum di IKN.

"Yang pertama, kami tawarkan untuk Batu Lepek," ucap Basuki saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Kamis (7/9/2023).

Kebutuhan air minum di IKN hingga tahun 2030 bakal disokong oleh Bendungan Sepaku Semoi sebanyak 2.000 liter per detik dan Intake Sungai Sepaku.

"Itu hanya cukup untuk nanti sampai 2030, setelah 2030 kita butuh tambahan air satu lagi," imbuh Basuki.

Bendungan Batu Lepek diproyeksikan memiliki kapasitas hingga 8.000 liter per detik, atau empat kali lebih banyak dari kapasitas Bendungan Sepaku Semoi.

Baca juga: Bangun Gedung di IKN, Ditjen Cipta Karya Diguyur Rp 11,44 Triliun

Sebagai informasi, Basuki bertemu dengan sejumlah Delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Mori Masafumi Rabu (6/9/2023).

Pertemuan tersebut membahas penguatan kerja sama infrastruktur antar-kedua negara, salah satunya dalam pembangunan IKN.

Menteri Basuki mengatakan, saat ini telah dilaksanakan 79 paket pekerjaan pembangunan di IKN yang terbagi menjadi dua tahap.

"Untuk progres pembangunan tahap pertama yang dimulai dari tahun 2020 sebanyak 40 paket saat ini sudah sebesar 43,3 persen, sedangkan untuk yang tahap kedua sebanyak 39 paket baru dimulai konstruksinya sejak Maret 2023," jelas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com