Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Oktober, Fakultas Syariah UIN Batusangkar Punya Gedung Baru

Kompas.com - 28/08/2023, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan rehabilitasi Gedung Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi fasilitas pendidikan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi sekolah, madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/PTKIN di seluruh Indonesia.

"Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (28/08/2023).

Baca juga: Bangun 7 Gedung Universitas Malikussaleh, HK Libatkan Alumni

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat, Kusworo Darpito menambahkan, rehabilitasi Gedung Fakultas Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar merupakan dukungan Kementerian PUPR untuk melanjutkan struktur bangunan yang telah dibangun pihak kampus pada 2018 lalu dan sempat terhenti lama.

"Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat, Ditjen Cipta Karya melanjutkan pembangunan pada 1 Februari 2023 sesuai kontrak dengan anggaran APBN TA 2023," katanya.

Menurut dia, saat ini progres konstruksi sudah mencapai 51% dan ditargetkan rampung seluruhnya pada akhir Oktober 2023.

"Saat ini tinggal penyelesaian instalasi pompa air, genset dan sejumlah pekerjaan mekanikal elektrikal termasuk pemasangan AC," tukas Kusworo.

Lingkup pekerjaan rehabilitasi Gedung Fakultas Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang dilakukan meliputi evaluasi perencanaan, struktur, arsitektur, mekanikal dan elektrikal hingga site development.

Salah satunya perbaikan struktur jalur difabel dan perbaikan standar keamanan bangunan gedung, serta pembangunan rumah pompa.

Baca juga: Universitas Tidar di Magelang Punya Dua Gedung Kuliah Baru, Telan Rp 65 Miliar

Untuk pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh Kontraktor PT Global Mandiri Service dengan nilai kontrak Rp 20,8 miliar.

Gedung Fakultas Syariah UIN Batusangkar dibangun setinggi 3 lantai dan 1 lantai rooftop yang memiliki ruang kelas sebanyak 26 kelas dan juga ruang perkantoran untuk ruang dekan, ruang dosen, dan ruang kegiatan mahasiswa.

Sebelumnya pada tahun 2019-2020, Kusworo mengatakan, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan rehabilitasi Gedung Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang juga melanjutkan struktur bangunan.

Lingkup pekerjaannya perbaikan Lantai I, pembangunan Lantai II, Lantai III, dan Lantai IV/Atap, Pekerjaan Halaman, Pekerjaan Mekanikal, dan Pekerjaan Elektrikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com