Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Rusus Pejuang Eks Timor Timur di NTT Dijamin Berkualitas

Kompas.com - 22/08/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR menjamin kualitas bangunan Rumah Khusus (Rusus) bagi Pejuang Eks Timor Timur di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pasalnya, Rusus tersebut memanfaatkan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) tipe 36 yang sederhana, mudah dalam proses perakitan, serta sudah diuji keandalan strukturnya terhadap gempa.

Direktur Rumah Khusus, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Yusniewati menerangkan, pihaknya menjamin kualitas bangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dengan melaksanakan pengecekan bahan bangunan atau quality control.

Mengingat panel RISHA yang digunakan dalam paket pekerjaan merupakan hasil pengadaan dari stock Satker Penyediaan Perumahan di 4 Provinsi, yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, dan Maluku.

"Kami juga melaksanakan quality control sebelum dan sesudah pengiriman stock. Kegiatan quality control dilaksanakan oleh perwakilan kontraktor pelaksana dan Satuan Kerja (Satker) pengirim/penerima serta oleh Konsultan MK dan Kontraktor Pelaksana di workshop pencetakan in-situ," terangnya dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Selasa (22/08/2023).

Baca juga: 245 Unit Rusus Pejuang Eks Timor Timur di NTT Sudah Terbangun

Sebagai informasi, pekerjaan Rusus Pejuang Eks Timor Timur di Kabupaten Kupang terbagi dalam tiga paket, yakni Paket I dilaksanakan oleh PT. Brantas Abipraya sebanyak 727 unit, Paket II oleh PT. Nindya Karya sebanyak 687 unit, dan Paket III oleh PT. Adhi Karya 686 unit.

Berdasarkan status progres pada 13 Agustus 2023, struktur RISHA Rusus Pejuang Eks Timor Timur saat ini telah terinstal sebanyak 245 unit dari target 2.100 unit.

Rinciannya, pembangunan Rusus untuk Paket I telah terinstal 86 unit, Paket II terinstal 101 unit, dan Paket III terinstal 58 unit.

Kementerian PUPR pun menargetkan sebanyak 2.100 unit Rusus Pejuang Eks Timor Timur akan selesai seluruhnya pada tahun 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com