Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Huntap RISHA untuk Korban Gempa Cianjur Siap Diserahkan

Kompas.com - 01/03/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan telah menyelesaikan 200 unit hunian tetap (huntap) di Kecamatan Cilaku untuk korban rumah rusak akibat Gempa Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah memproses serah terima aset barang milik negara kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Huntap tahap pertama yang digunakan untuk relokasi warga terdampak gempa tersebut dibangun diatas lahan 2,4 hektar, lengkap dengan prasarana, sarana dasar seperti jalan lingkungan, saluran air bersih, balai warga dan tempat ibadah.

Baca juga: Trauma Healing, Warga Terdampak Gempa Cianjur Bisa Kerja di Proyek RISHA

"Selain itu kami juga sedang membangun 151 unit Huntap di Kecamatan Mande dan sisanya menunggu kesiapan lahan yang disiapkan Pemkab Cianjur di Kecamatan Cipanas," terang Iwan, seperti dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Ditjen Perumahan juga menargetkan akan menyelesaikan seluruh pembangunan huntap relokasi sebelum Lebaran 2023.

Sehingga masyarakat dapat segera menghuni rumah tahan gempa dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) tersebut dan tidak terlalu lama tinggal di lokasi pengungsian.

"Dengan penyelesaian secara bertahap, saya berharap seluruh pekerjaan dapat rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023, sesuai dengan target yang diberikan oleh Menteri PUPR," harap Iwan pada beberapa waktu lalu.

Kementerian PUPR akan terus berupaya untuk memastikan pembangunan huntap sebanyak 351 unit bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Untuk mempercepat proses pembangunannya, sebanyak 100 insinyur muda Kementerian PUPR telah dikerahkan. Tugas mereka adalah membantu dan memberikan pendampingan teknis kepada masyarakar di Cianjur.

Sebelumnya, mereka juga telah mengikuti pelatihan pendampingan teknis rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-gempa.

Bersama dengan Pemda, TNI/Polri dan masyarakat, diharapkan para insinyur muda tersebut bisa membangun rumah tahan gempa yang layak dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com