Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capai 73 Persen, Ini Perkembangan Jalan Akses Tol Makassar New Port

Kompas.com - 12/07/2023, 16:37 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk tengah mengerjakan proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) sepanjang 3,2 km.

Progres proyek pembangunan jalan tol itu telah mencapai 73,03 persen per 10 Juli 2023. Di mana kini sedang memasuki tahap penyelesaian erection box girder dengan metode shoring.

Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN), Ismail Malliungan menyampaikan, progres pembangunan tengah memasuki tahapan penyelesaian berbagai struktur pekerjaan.

"Selanjutnya, akan dilanjutkan pemasangan Lead Rubber Bearing (LRB), pengaspalan dan juga pekerjaan relokasi ramp at-grade," ujarnya dalam keterangan resmi pada Rabu (12/07/2023).

Baca juga: Exit Tol Semarang-Solo di Salatiga Segera Dibangun, Ini Progresnya

Pembangunan Jalan Akses Tol MNP nantinya akan mempermudah akses mobilisasi logistik sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar.

Proyek ini akan terkoneksi dari Tol Reformasi Makassar (Tol JTSE) menuju ke Pelabuhan Petikemas Makassar New Port, serta dari Kawasan Industri Makassar (Kima) menuju Pelabuhan Petikemas Makassar New Port.

Keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat memperlancar jalur ekspor dan impor melalui pelabuhan yang menghubungkan Makassar dengan kota-kota lain di Sulawesi Selatan dan provinsi sekitarnya.

Tak hanya itu, proyek ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP.

Sehingga, keberadaan Tol MNP akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port.

Baca juga: Ini Biang Kerok Proyek Tol Cisumdawu Molor hingga 12 Tahun

Proyek pembangunan Jalan Akses Tol MNP akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP.

Sementara pembangunan tahap kedua dilakukan dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi 4) menuju ke MNP.

Tahap pertama dan kedua dikerjakan bersamaan sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.

Akses jalan tol menuju MNP merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sedangkan Pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com