Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Exit Tol Semarang-Solo di Salatiga Segera Dibangun, Ini Progresnya

Kompas.com - 09/07/2023, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo, akan segera membangun exit tol di Jalan Pattimura, Kota Salatiga, pada tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Ali Rachmadi saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, di Kota Salatiga, Kamis (06/07/2023) lalu.

"Exit tol di Jalan Pattimura Salatiga merupakan pintu masuk dan keluar akses Kota Salatiga ke arah Semarang maupun sebaliknya dari Semarang ke Salatiga dan segera dibangun pada tahun 2023 ini," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: INA dan HK Tuntaskan Transaksi Investasi Tol Bakter dan Medan-Binjai

Menurut Ali Rachmadi, lahan yang sudah bebas guna pembangunan tahap 1 ramp on dan ramp off pada Exit Tol Pattimura ini sudah 99%.

"Namun, masih ada sekitar 629 meter persegi pada ramp off yang hingga saat ini sedang disiapkan proses penyiapan tim appraisal pada lahan tersisa yang merupakan Tanah Kas Desa (TKD) oleh Pemerintah Kota Salatiga," tandasnya.

Sementara untuk desainnya, saat ini masih didiskusikan oleh Direktorat Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk penyempurnaan exit tol tersebut.

Direktur Utama PT Trans Marga Jawa Tengah (TMJ) Prajudi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dana terkait lahan tersisa dan tinggal menunggu pembayaran.

"Selanjutnya, TMJ memerlukan surat tugas dari BPJT untuk pelaksanaan lebih lanjut," pungkasnya.

Baca juga: Tol Akses Patimban Ditender Ulang, Ini Alasannya

Sebagai informasi, Jalan Tol Semarang-Solo memiliki panjang 72,95 km dan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Jalan tol ini terbagi menjadi lima seksi, meliputi Seksi 1 Banyumanik-Ungaran (10,85 km) sudah beroperasi sejak 26 Agustus 2011; Seksi 2 Ungaran-Bawen (11,99 km) telah dioperasikan pada 4 April 2014.

Selanjutnya, Seksi 3 Bawen-Salatiga (17,59 km) beroperasi sejak 25 September 2017; Seksi 4 Salatiga-Boyolali (24,47 km), dan Seksi 5 Boyolali-Kartasura (7,74 km) yang sudah beroperasi pada 20 Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com