Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INA dan HK Tuntaskan Transaksi Investasi Tol Bakter dan Medan-Binjai

Kompas.com - 07/07/2023, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Investment Authority (INA) melalui anak perusahaannya, PT Swarna Investasi Indonesia (Swarna) dan PT Abhinaya Investasi Indonesia (Abhinaya) mengumumkan penyelesaian transaksi investasi terhadap dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), bekerja sama dengan PT Hutama Karya (Persero).

Kedua ruas JTTS tersebut yaitu Tol Medan-Binjai yang memiliki panjang 17 kilometer, dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 141 kilometer.

Ketua Dewan Direktur INA, Ridha Wirakusumah menyampaikan, melalui investasi di dua ruas utama JTTS ini, pihaknya memiliki keyakinan terhadap potensi jalan tol di Sumatera dan pengelolaan yang baik dari Hutama Karya.

"Investasi ini juga membuka peluang bagi investor domestik maupun internasional untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dengan nilai imbal balik yang sepadan dengan risiko investasi," ujar Ridha Wirakusumah dalam keterangan resmi dikutip dari laman INA, Jumat (07/07/2023).

Baca juga: Tol Akses Patimban Ditender Ulang, Ini Alasannya

Selain itu, kerja sama ini bertujuan membantu Hutama Karya dalam melanjutkan program pembangunan infrastruktur lainnya, khususnya penyelesaian proyek-proyek JTTS.

"Ini sangat penting, karena akan membantu mobilitas penduduk dan juga pembangunan ekonomi masyarakat, khususnya di Pulau Sumatera," tandasnya.

Penyelesaian transaksi investasi antara INA dan Hutama Karya ini juga akan berkontribusi dalam meningkatkan layanan yang sudah ada serta membuka jalan bagi pengembangan ruas-ruas tol lainnya.

Transaksi ini didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang bertindak sebagai pemberi pinjaman tunggal untuk refinancing. Struktur pembiayaan ini mengandalkan kekuatan dari aset jalan tol.

Selain itu, transaksi ini juga turut didukung oleh Rothschild & Co yang bertindak sebagai Penasihat Keuangan INA.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com