Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Suranto, Calon Tunggal Ketua Umum DPP REI 2023-2026

Kompas.com - 07/06/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) secara resmi menetapkan Joko Suranto sebagai calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026.

Ketetapan tersebut diputuskan setelah panitia penjaringan melakukan proses verifikasi dan evaluasi terhadap seluruh dokumen calon ketua umum (caketum) yang telah masuk hingga batas akhir pendaftaran pada 29 Mei 2023.

Ketua Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI Periode 2023-2026 Hervian Tahier menjelaskan, panitia telah memverifikasi dan mengevaluasi berkas dokumen caketum yang mendaftar sejak 30 Mei 2023 sampai 5 Juni 2023.

Dari proses pemeriksaan dan evaluasi tersebut, dinyatakan bahwa caketum tersebut telah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan organisasi.

Baca juga: Joko Suranto Calonkan Diri Jadi Ketua Umum REI 2023-2026

Hervian mengungkapkan, seluruh mekanisme penjaringan sudah dilakukan sesuai aturan organisasi, termasuk sosialisasi pendaftaran caketum.

"Karena itu, pada hari ini secara resmi kami memutuskan hanya ada calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026 yaitu Saudara Joko Suranto yang saat ini merupakan Ketua DPD REI Jawa Barat,” tegas Hervian dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (7/6/2023).

Setelah penetapan ini, tahap berikutnya akan dilakukan proses sosialisasi Caketum REI yang menurut rencana akan dipusatkan di Bali pada 5 Juli 2023.

Menurut dia, hal spesial dari proses tersebut karena pemilihan ini hanya ada satu calon, maka nantinya caketum tersebut diminta menandatangani pakta integritas sebagai komitmen untuk selalu menjaga persatuan REI termasuk memenuhi semua janji dan visi misinya.

Anggota Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI Moerod berharap, calon tunggal dalam pemilihan ketua umum kali ini menjadi momentum yang harus digunakan REI agar semakin solid dan bersatu pada masa mendatang.

Menurutnya, sebagai organisasi perusahaan properti yang tertua dan terbesar di Indonesia, REI sudah sangat teruji dan matang dalam berdemokrasi.

“Ayo kita gunakan ajang pemilihan ketua umum tahun ini sebagai momentum positif untuk semakin solid bersinergi dan kompak menyatukan semua kekuatan yang ada di REI,” kata Moerod.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP REI Hari Ganie usai menerima laporan hasil rapat evaluasi Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI tersebut mengatakan Panitia Pengarah Munas REI 2023 sedang mempersiapkan berbagai instrumen pendukung terkait pemilihan Ketua Umum REI dengan calon tunggal.

“Draft tata cara pemilihan sedang disusun sesuai AD/ART dan PO REI,” tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com