Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbanyak di Sorong, Alokasi Bantuan Bedah Rumah di Papua Barat

Kompas.com - 07/06/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.212 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Provinsi Papua Barat akan dibedah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2023.

Bantuan yang dikenal Bedah Rumah itu tersebar di 9 kabupaten dan 1 kota. Dengan alokasi anggaran Rp 23,5 juta hingga Rp 40 untuk setiap unit tergantung kondisi wilayah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan rumah layak, sekaligus mengurangi angka pengangguran melalui kegiatan padat karya.

"Kami berharap program BSPS ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuannya dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (07/06/2023).

Baca juga: Tahun 2023, Sebanyak 145.000 Rumah Akan Dibedah Melalui BSPS

Secara rinci, program BSPS tahun 2023 disalurkan di Kota Sorong sebanyak 236 unit, Kabupaten Manokwari 88 unit, Kabupaten Sorong 45 unit, Kabupaten Sorong Selatan 108 unit, Kabupaten Teluk Wondama 43 unit.

Kemudian, di Kabupaten Manokwari Selatan 48 unit, Kabupaten Pegunungan Arfak 50 unit, Kabupaten Teluk Bintuni 23 unit, Kabupaten Fak-fak 80 unit, dan Kabupaten Raja Ampat 50 unit.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menambahkan, dalam pelaksanaan program BSPS Pemerintah menyalurkan dana stimulan dengan membentuk kelompok masyarakat serta mendapat pendampingan dari Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).

"Kami ingin pembangunan rumah layak huni bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk di Provinsi Papua Barat," katanya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Ridwan Dibya Sudharta mengatakan, masyarakat Papua Barat menyambut baik program BSPS yang sudah disalurkan Kementerian PUPR dari tahun ke tahun.

"Kami harap melalui program BSPS ini rumah tidak layak huni di Papua Barat bisa berkurang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com