Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi! Pohon Hayat Terpilih Jadi Logo IKN

Kompas.com - 30/05/2023, 18:20 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemenang Logo Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Selasa (30/5/2023).

Logo terpilih dengan suara terbanyak adalah Pohon Hayat yang didesain oleh Aulia Akbar.

"Yang milih ini rakyat dan jumlah pemilihnya 500.000-an. Jumlah yang tidak sedikit," ujar Presiden Jokowi, seperti dikutip dari tayangan Youtube IKN.

Logo ini terinspirasi dari bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia.

Menurut Jokowi, logo ini memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN sebagai bangsa besar serta menggugah masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan dan ekosistem.

"Kita semua berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua," tambah Jokowi.

Pemenang logo IKN, Akbar AuliaKompas.com/Aisyah Pemenang logo IKN, Akbar Aulia

Dalam kompetisi ini, Aulia Akbar berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 185 juta, sementara keempat finalis lainnya mendapatkan hadiah Rp 20 juta.

Baca juga: Tak Terdampak Kondisi Waskita, Proyek Tol IKN yang Digarap Masih On Schedule

Sebagai informasi, Aulia Akbar adalah seorang desainer grafis yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat.

Aulia Akbar merupakan alumni dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung pada tahun 2014.

Saat ini, Aulia Akbar menjabat sebagai Co-founder POT Branding House dan anggota aktif Asosisasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Bandung.

Selain itu, Aulia juga mengajar desain grafis secara luar jaringan (luring) di ITENAS dan dalam jaringan (daring) Pixel Ninja.

Dilansir dari laman resmi IKN Nusantara, pemilihan 5 logo baru IKN ini akan berlangsung mulai 4 April hingga 20 Mei 2023.

Selain itu, masyarakat juga berkesempatan untuk memenangkan doorprize berupa 10 motor listrik dengan tanda tangan dari Presiden Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com