Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Maret, Waskita Beton Suplai Tiang Proyek Pengaman Pantai PIK

Kompas.com - 12/05/2023, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya berkontribusi dalam pembangunan jalan tol, gedung, maupun bendungan, PT Waskita Beton Precast Tbk atau WSBP juga menyuplai produk spun pile (tiang pancang bulat) Proyek Pengaman Pantai di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara (Jakut).

Dengan nilai kontrak sebesar Rp 99,59 miliar, Proyek Pengaman Pantai Tahap 6 Paket 3 ini telah disuplai perusahaan sejak awal Maret 2023.

Dalam proses pembangunannya, WSBP menyuplai produk spun pile berdiameter 800 mm dan panjang 24 meter tanpa sambungan menerus.

Baca juga: Waskita Beton Raih Kontrak Baru Senilai Rp 420 Miliar

Kemudian, ditambah dengan aksesoris CT Joint yang berfungsi untuk mencegah permeabilitas air laut melalui celah spun pile. Jadi, sistem connector CT menggunakan beton grouting (injeksi material) CT Joint.

Produk ini dikirimkan langsung dari Precast Plant WSBP Karawang. Saat ini, proses produksi spun pile untuk proyek ini sudah mencapai 48,4 persen dengan jumlah 462 batang dari total produk yang diorder 955 batang.

“Untuk progress suplai proyek ini telah mencapai 27,2 persen. Kami lakukan pengiriman produk secara bertahap,” jelas Vice President of Corporate Secretary Fandy Dewanto dalam rilis, Jumat (12/5/2023).

Kata Fandy, dalam setiap proses produksi produk, perusahaan selalu mengedepankan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta proses quality control yang baik.

Sehingga, WSBP memastikan bahwa produk yang disuplai ke proyek no defect (tidak ada kecacatan).

"Kemampuan ini didukung pabrik precast plant serta sumber daya yang memadai, Manajemen WSBP optimis seluruh pesanan maupun pengerjaan proyek akan dapat diselesaikan dengan tepat waktu," ujar dia.

Sebelumnya, WSBP juga telah berkontribusi dalam pembangunan pengaman pantai di wilayah lain yaitu menyuplai produk Tetrapod (spesifikasi K-350, dimensi 1,2 meter).

Ini digunakan sebagai pengaman pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan telah selesai pengiriman produknya pada akhir tahun 2022 sebanyak 2.051 buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com