Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Optimistis Bisa Kembali Naikkan Peringkat Pefindo

Kompas.com - 12/05/2023, 09:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) optimistis bisa menaikkan peringkat yang diberikan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) terutama jika berhasil memperbaiki kinerja perseroan. 

Pefindo memberikan peringkat idSD bagi Waskita usai Perseroan gagal membayar kupon obligasi yang jatuh tempo pada 6 Mei 2023 lalu.

Peringkat rating korporat yang diberikan kepada Waskita kali ini mengalami penurunan karena sebelumnya perseroan mendapatkan rating idCCC.

Baca juga: Saham Perseroan Kembali Digembok BEI, Ini Respons Waskita

Selain itu Pefindo juga memberikan peringkat idD terhadap Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2020 PT Waskita Karya (Persero) Tbk untuk periode 8 Mei 2023 sampai dengan 6 Agustus 2023.

Peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari Perusahaan serta Laporan Keuangan Tidak Diaudit per 31 Maret 2023 dan Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2022. Peringkat tersebut mengalami perubahan dari peringkat sebelumnya yaitu idCCC.

“Waskita mengalami penurunan peringkat Pefindo menjadi idSD dari idCCC dikarenakan adanya penundaan pembayaran kewajiban yang kaitannya juga dengan kondisi Waskita yang sedang standstill karena sedang proses restrukturisasi,” kata SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita dalam rilis resminya, Jumat (12/5/2023).

 

Menurut Ermy, hingga saat ini proses restrukturisasi masih terus berjalan dengan memperbaiki skema yang tentunya dapat dilaksanakan secara optimal dan mengedepankan going concern Perseroan.

Untuk diketahui saat ini penggunaan arus kas Perseroan bersifat restricted sehingga Perseroan perlu mengajukan standstill untuk dapat melakukan preservasi kas dan memperlancar proses peninjauan ulang secara komprehensif MRA.

Dalam rangka equal treatment kepada Kreditur Perbankan dan Pemegang Obligasi Non Penjaminan serta tunduk pada ketentuan-ketentuan standstill yang telah disetujui Stakeholders maka Perseroan tidak dapat melakukan pembayaran bunga dan/atau pokok atas kewajiban keuangan Perseroan.

Baca juga: Punya Pabrik Readymix, Waskita Suplai Proyek Kawasan Istana dan Jalan IKN

“Peringkat ini hanya bersifat sementara. Pefindo akan terus secara berkala melakukan review peringkat terhadap Waskita dan tidak menutup kemungkinan peringkat Waskita dapat ditingkatkan seiring perbaikan kinerja perusahaan,” papar Ermy.

Dikatakan, manajemen perusahaan sangat meyakini bahwa Perseroan memiliki kemampuan untuk terus beroperasi serta memenuhi kewajibannya.

“Perseroan sudah melakukan beberapa hal yaitu review komprehensif MRA, efisiensi keuangan, menerapkan lean construction serta lebih selektif memilih proyek baru sesuai dengan kemampuan dan studi kelayakannya dengan mengurangi exposure pada proyek-proyek turnkey,” bebernya.

Ermy juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh Pemangku Kepentingan yang telah mendukung Waskita dalam proses restrukturisasi.

“Diharapkan bisnis Waskita bisa berkinerja baik dan adaptif serta memberikan value yang bernilai tambah bagi seluruh Pemangku Kepentingan di masa depan,” tegas Ermy.

Perseroan terus berkomitmen terhadap penguatan implementasi tata kelola Perusahaan (Good Corporate Governance), serta mengedepankan bisnis yang prudent, sustainable, dan implementasi manajemen risiko yang hati-hati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com