Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Layanan Transportasi Online, inDrive Gelar Kompetisi Hackathon

Kompas.com - 28/04/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Platform layanan mobilitas dan perkotaan global, inDrive baru saja meluncurkan inCode 2023, yakni hackathon global tahunan perdana yang diselenggarakan perusahaan.

inCode akan memberikan hadiah sebesar 16.000 Euro (Rp 259 juta) untuk ide-ide terbaik untuk membuat layanan transportasi daring lebih aman dan inklusif.

Karena itu, inDrive mengundang mereka yang memiliki talenta untuk mendaftarkan diri. Bila ingin berpartisipasi, setiap tim harus terdiri dari 1 hingga 6 orang.

Baca juga: Kini Layanan Transportasi InDrive Hadir di Empat Kota, Mana Saja?

Entrinya akan dinilai oleh pakar inDrive berdasarkan ide, dampak, kualitas kode, kualitas UX/UI, dan kelayakan.

Sebagai informasi, hackathon merupakan kegiatan kompetisi pemrograman yang berlangsung untuk beberapa jam hingga beberapa hari.

Dalam kompetisi ini, Hackathon inCode menantang para inovator untuk berkontribusi dalam tiga hal yakni:

  • Meningkatkan aspek keamanan: Temukan cara untuk membuat layanan pemesanan kendaraan yang lebih aman dan terjamin bagi semua orang, sehingga penumpang dan mitra pengemudi benar-benar tenang.

  • Aksesibilitas unggul: Mengusulkan metode untuk menjadikan transportasi daring sebagai pilihan yang lebih inklusif bagi para penyandang disabilitas.

    Karena kurangnya pilihan transportasi yang layak dan nyaman saat ini menghalangi banyak orang untuk berpartisipasi penuh dalam komunitas dan kehidupan mereka.

  • Bermimpi besar: Tentukan faktor atau fitur apa yang saat ini hilang dari perjalanan dalam dan antarkota, serta pengiriman barang, dan temukan cara untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan layanan dan solusi ini.

 

Hackathon ini terdiri dari dua fase. Fase pertama sudah berlangsung mulai 20 April 2023 sampai 4 Juni 2023. Dalam periode waktu ini, para peserta mengumpulkan ide dan konsep umum dalam format presentasi/PowerPoint.

Sementara Fase 2 akan berlangsung mulai 19 Juni hingga 9 Juli, 2023. Pada fase kedua ini para peserta harus mengirimkan prototipe mereka untuk bersaing memperebutkan hadiah.

Baca juga: Layanan Transportasi inDrive Bebaskan Konsumen Pilih Harga dan Pengemudi

Prototipe terbaik di masing-masing dari tiga kategori akan memenangkan hadiah masing-masing 750 Euro (Rp 12 juta), 1.500 Euro (Rp 24 juta), dan 3.000 Euro (Rp 48,3 juta).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senior VP of Engineering inDrive, Alexander Lobashev mengatakan platform transportasi daring bermula dari kreativitas dan keahlian teknis pengembang perangkat lunak dan kemampuan coders untuk bermimpi, merancang, dan membangun produk global, algoritma yang andal, dan antarmuka yang ramah pengguna.

“inCode adalah cara inDrive mengenali inovator teknologi yang bisa membuat layanan transportasi daring menjadi lebih aman, inklusif, dan lebih baik untuk digunakan. inDrive sangat antusias melihat ide-ide yang muncul dari hackathon tahunan pertama kami,” papar Alexander, Jumat (28/4/2023). 

inCode dihosting di platform HackerEarth terkemuka di industri dengan komunitas 7,6 juta pengembang di seluruh dunia. Lebih dari 500 perusahaan telah melakukan hackathon daring dengan HackerEarth.

Bagi yang berminat, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program inCode di sini: https://www.hackerearth.com/challenges/hackathon/incode-2023-challenging-injustice/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com