Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mudik dari Bekasi ke Gunungkidul Naik Motor

Kompas.com - 21/04/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa Lintas Selatan 2023 Kompas.com pada Kamis (20/4/2023) dihabiskan dengan menyusuri Jalur Pantai Utara (Pantura) yang ramai dilintasi pemudik.

Berdasarkan pantauan langsung di Jalan Otto Iskandardinata, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pemudik didominasi oleh pesepeda motor.

Pada kesempatan tersebut, Tim Merapah Kompas.com, bertemu dengan pemudik yang tengah menuntun motornya yang kehabisan bensin.

Tim Merapah Kompas.com memutuskan untuk membantu pemudik tersebut. Kemudian proses menuntun motor menuju toko bensin eceran terdekat dibantu oleh Pramuka Saka Bhayangkara Kabupaten Cilacap.

Pemudik tersebut bernama Nuri yang rupanya berasal dari Bekasi dan hendak menuju Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dirinya mengaku memilih mudik naik sepeda motor karena untuk menghemat pengeluaran. Tradisi ini telah dilakukannya sejak tahun 2004.

"Karena lebih meringankan pengeluaran dan asyik sih, banyak teman di jalan," tutur Nuri.

Lanjut Nuri, perjalanan mudik dilakukan mulai dari hari Rabu (19/4/2023) pukul 23.00 WIB dan diharapkan bisa tiba di lokasi tujuan pada Jumat (21/4/2023) pagi.

"Paling nanti berhenti di Tegal dulu, tidur-tidur dua jam, terus lanjut," tambah Nuri.

Baca juga: Tebar Uang buat Penyapu Pantura, Bentuk Pelecehan terhadap Masyarakat Kecil

Dirinya mengaku belum pernah menjajal mudik naik moda transportasi lain karena takut macet.

Selain itu, pilihan dirinya untuk mudik naik motor agar kendaraan pribadinya itu bisa dipakai berkeliling setibanya di lokasi tujuan.

Nuri berencana untuk balik dari Gunungkidul menuju Bekasi pada Minggu (30/4/2023).

Sementara itu, Padal Pospam Kedawung Iptu Erni Suhaeni mengatakan, kepadatan kendaraan bermotor dari arah Jakarta mulai terjadi sejak Rabu malam (19/4/2023).

"Mulai ada kenaikan sejak hari kemarin, artinya dua hari," ujar Erni kepada Kompas.com.

Sementara untuk perkiraan puncak mudik terjadi pada H+3 Lebaran 2023. Terpantau pemudik berasal dari arah Jakarta menuju Semarang. Sedangkan kendaraan roda empat dari Jakarta menuju Semarang dialihkan melalui jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com