Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tidak Ada Istilah Kereta Api Menunggu Penumpang yang Terlambat"

Kompas.com - 21/04/2023, 15:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Masa angkutan Lebaran di PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah berjalan selama sembilan hari, sejak 12 April 2023 lalu.

Melayani pelanggan yang mudik, ketepatan waktu keberangkatan di Divisi Regional 1 Sumut mencapai 100 persen. Artinya, kereta api yang beroperasi setiap hari berangkat tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

Oleh karena itu, Manager Humas PT KAI Divre 1 SU Anwar Solikhin mengimbau calon penumpang mengatur jam kedatangannya ke stasiun dengan jadwal keberangkatan untuk menghindari tertinggal moda transportasi massal ini.

"Tidak ada istilah kereta api menunggu penumpang yang terlambat. Sebaliknya, calon penumpang yang harus mengatur waktu tiba di stasiun. Disarankan sudah tiba satu jam sebelum jadwal keberangkatan,” kata Anwar lewat keterangan tertulisnya, Jumat (21/4/2023).

Baca juga: Hingga H-1 Lebaran, 600.000 Tiket Kereta Api Ludes Terjual

Selain itu, untuk memudahkan dan menghindari antrian di loket go show stasiun, calon penumpang juga diimbau agar memesan tiket melalui KAI Access supaya efisien.

Lewat aplikasi ini, pelanggan bisa melihat ketersediaan tempat duduk, pilihan jadwal keberangkatan serta fitur ubah jadwal dan pembatalan tiket.

“Mudik ke kampung halaman naik kereta api merupakan pilihan yang tepat. Banyak faktor mengapa lebih baik naik kereta api, selain tepat waktu, ya bebas macet, mengutamakan keselamatan, aksesibilitas dan pelayanan yang terus ditingkat. Naik kereta api aman dan berkesan,” ucap Anwar.

Memasuki angkutan Lebaran 2023, pada H-2 terjual 10.956 tiket untuk KA Jarak Jauh dan Lokal. Secara total, jika dilihat dari data teraktual pemesanan tiket mulai 12 April sampai 3 Mei 2023, telah terjual 121.838 tiket.

Rinciannya, 77.246 tiket untuk KA Jarak Jauh dan 44.592 untuk KA Lokal. Jumlah penjualan akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

"Berdasarkan data penjualan tiket, tujuan favorit adalah Medan-Tanjungbalai dengan 52.335 tiket. Prediksi arus balik terjadi pada 25 April dengan pemesanan tiket sebanyak 4.710. Data akan terus bertambah karena pemesanan tiket masih berjalan," tuntas Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com