Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Diskon Tarif 20 Persen di Tol Trans-Jawa Bisa Dinikmati

Kompas.com - 27/04/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Diskon tarif tol 20 persen kembali diberlakukan pada periode arus balik Idul Fitri 1444H/Lebaran 2023.

Periode diskon sudah dimulai sejak Kamis (27/4/2023) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (29/4/2023).

Program diskon ini merupakan bentuk pelayanan serta apresiasi atas kerja sama pengguna jalan dalam menyukseskan arus mudik sekaligus bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas pada periode arus balik.

Diharapkan, dengan diberlakukannya program diskon ini dapat menghindari penumpukan kendaraan pada waktu tertentu, terutama yang diprediksi menjadi puncak arus balik, yaitu pada 30 April-1 Mei 2023.

Baca juga: Akibat Semburan Api, Pengguna Tol Cipali Diimbau Istirahat di Sini

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyebutkan, Jasa Marga berharap program diskon tarif tol ini dapat menjadi referensi untuk masyarakat dalam mengatur kembali jadwal perjalanan agar lebih nyaman.

Pemberlakuan diskon tarif ini juga disertai penerapan kebijakan pembatasan angkutan barang dan beberapa rekayasa lalu lintas (contraflow, one way, dan ganjil genap) sehingga memaksimalkan distribusi lalu lintas.

”Diharapkan program diskon ini cukup menarik bagi masyarakat. Selain lebih hemat, masyarakat juga dapat mengatur perjalanan yang lebih nyaman karena terhindar dari lonjakan arus lalu lintas di puncak arus mudik maupun balik,” ujar Lisye.

 

Menurutnya, pada periode arus balik ini, program diskon akan diberlakukan untuk perjalanan menerus dari Semarang hingga Jakarta.

Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya akan memberlakukan diskon tarif 20 persen untuk Jalan Tol Trans-Jawa pada periode arus balik.

Bila semula hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kini akan berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang sampai ke Jakarta.

Diskon ini akan diterima bila pengendara melakukan tap in di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Mulai 27 hingga 29 April 2023, Ada Diskon Tarif Tol dari Astra

“Diskon untuk perjalanan menerus ini akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh BUJT lainnya. Dimulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” tambah Lisye.

Besaran diskon tarif tol 20 persen untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta adalah menjadi sebagai berikut:

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp 372.000 menjadi Rp 297.600, diskon sebesar Rp 74.400

  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 575.000 menjadi Rp 499.200, diskon sebesar Rp 75.800

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com