Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Usai Libur Lebaran, 60 Warga Serbu Kantah BPN Jakarta Barat

Kompas.com - 27/04/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyebutkan, 60 warga mendatangi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administratif Jakarta Barat sehari usai Lebaran 2023, Rabu (26/4/2023).

Menurut dia, hal ini menunjukkan bahwa warga ternyata sudah ada yang membutuhkan layanan dari BPN pada hari pertama pasca Lebaran tahun ini.

"Hari ini ada sekitar 60 warga yang datang di kantor BPN Jakarta Barat, ini menunjukkan bahwa hari pertama pasca-liburan, warga sudah membutuhkan layanan dari BPN. Tadi ada yang mengurus peningkatan hak dan pencabutan blokir," ungkap Hadi dalam rilis, Rabu (26/4/2023).

Baca juga: Begini Cara Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Kualitas Informasi Nilai Tanah

Hadi meninjau Kantah Kota Administratif Jakarta Barat beserta rombongan pukul 14.05 WIB, Rabu (26/4/2023).

Dia langsung meninjau loket pelayanan dan berbincang dengan beberapa orang warga yang sedang mengantri di loket layanan BPN Jakarta Barat.

Dalam kunjungannya, Hadi juga mengunjungi ruangan pegawai dan penyimpanan warkah dan buku tanah sambil berbincang dengan beberapa orang.

"Kunjungan ini simbolik untuk mengecek kesiapan kantor BPN di seluruh Indonesia untuk kembali membuka layanan kepada warga masyarakat pasca liburan. Tidak boleh ada sehari pun, warga tidak bisa mengakses layanan BPN," tegas dia.

Pada kunjungannya kali ini, Hadi didamping Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni, beberapa Staf Khusus Menteri dan juga Kepala Kantah Kota Administratif Jakarta Barat, Sri Pranoto.

Mengakhiri kunjungannya, dia mengaku senang karena hari pertama kerja pasca libur lebaran, Kantah Kota Administratif Jakarta Barat sudah bisa optimal melayani warga.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Administratif Jakarta Barat Sri Pranoto mengatakan, kunjungan Hadi ke tempatnya untuk memastikan layanan pertanahan sudah berjalan normal setelah Cuti Bersama idul fitri 1444H

"Pada kesempatan ini Bapak Menteri dan Wamen ATR/BPN melihat situasi loket pertanahan yang sangat nyaman bagi pemohon. Untuk fasilitasnya yang ada Kantah Jakarta Barat hari ini sudah melayani masyarakat seperti biasa," jelas Sri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com