Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Semantok Diklaim Terpanjang Se-Asia Tenggara, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 18/10/2022, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, segera selesai.

Selain memiliki sederet manfaat, infrastruktur sumber daya air ini disebut bakal menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas menjelaskan, hal tersebut sebenarnya diukur berdasarkan panjang lintasan mercu bendungan.

Yakni bagian teratas dari tubuh bendung tempat di mana aliran dari hulu dapat mengalir atau melimpah ke hilir. Panjang mercu bendungan 3.100 meter.

"Bendungan ini dibuat sebagai penyedia air baku dan telah dilakukan pengisian awal (impounding) pada Juni lalu," ujar Anas dikutip dari laman resmi PT Brantas Abipraya (Persero), Senin (17/10/2022).

Baca juga: Bendungan Tapin di Kalsel Punya 3 Potensi Wisata, Apa Saja?

Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 38,5 meter.

Nantinya memiliki luas area genangan 365 hektar, sehingga pada saat musim kemarau bendungan ini dapat menyuplai air.

"Selain sebagai penyedia air baku sebesar 312 liter per detik, bendungan dengan volume tampung 32,67 juta meter kubik ini dapat memasok air untuk irigasi sawah seluas 1.900 hektar," tandasnya.

Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.Dok. Brantas Abipraya Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Tak hanya itu, kehadiran Bendungan Semantok juga dapat memberikan manfaat sebagai pengendali banjir. Mereduksi banjir 30 persen di Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya.

Karena daya tampungnya yang besar, membuatnya bisa menahan air yang berlimpah saat musim hujan.

Baca juga: 9 Bendungan Bakal Tuntas Tahun 2022, Ini Daftarnya

Adanya bendungan ini juga nantinya untuk pemeliharaan sungai di hilir bendungan sebesar 30 liter/detik, dan

Memulai pembangunan Bendungan Semantok sejak Desember 2017 lalu, pihaknya optimistis pengerjaan bisa selesai pada November 2022.

"Semoga masyarakat Nganjuk dan sekitar segera merasakan manfaatnya," tutup Anas.

Untuk diketahui, pembangunan Bendungan Semantok dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sungai Brantas Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR melalui 2 paket pekerjaan.

Yakni paket 1 oleh kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya-PT Pelita Nusa Perkasa, KSO, dan paket 2 menggandeng PT Hutama Karya-PT Bahagia Bangunnusa, KSO dengan nilai sebesar Rp 1,17 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com