Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa Tapi Tak Sama, Apa Beda Desain Modernis dan Minimalis?

Kompas.com - 14/09/2022, 20:30 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hingga kini, desain arsitektur modern dan minimalis merupakan desain yang paling banyak ditemukan.

Biasanya, pengembang properti akan menggunakan kedua desain ini ketika membangun rumah hunian secara massal.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Georgius Budi Yulianto mengungkapkan, desain modern dan minimalis hadir dari style dan kesadaran arsitek untuk meninggalkan desain eclectic atau ukiran yang banyak ditemukan pada bangunan bergaya klasik.

Baca juga: Ini Dia Desain Arsitektur yang Tak Lekang Zaman

Dengan ciri khas kekinian yang serupa, bagaimana cara membedakan keduanya?

Umumnya, kedua desain ini memiliki jendela besar sebagai tempat masuknya sinar matahari dan sirkulasi udara.

Menurut Boegar, sapaan akrabnya, hal ini disebabkan adanya kesadaran akan pentingnya penerangan dan pergantian udara.


Hal signifikan yang membedakan keduanya adalah detail-detail kecil yang ada pada bangunan.

Seperti namanya, desain minimalis memiliki tampak minimal yang polos, tanpa ornamen, dan detail. Kedalaman dari desainnya lebih “diam” dibandingkan modernis.

“Desain modernis masih banyak detail, kalau minimalis less detail,” ujar Boegar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Tidak hanya detail seperti tekstur dan ornamen, pemilihan warna juga menjadi salah satu faktor dalam menentukan desain minimalis. Biasanya desain ini akan memiliki range warna putih hingga abu-abu.

“Prinsip minimalis itu tone down, dari sisi komposisi warna pun tidak berani banyak bermain warna. Kalaupun ada merah atau kuning, itu hanya aksen,” jelas Kang Boegar.

Meski tidak memiliki banyak detail, desain minimalis akan tetap berusaha untuk memanfaatkan ruang yang ada dengan menjadikannya multifungsi, entah sebagai tempat penyimpanan atau hal lainnya.

Sayangnya, untuk mencapai desain minimalis cukup sulit. Diperlukan keahlian mendalam dalam membuat sebuah bangunan yang polos menjadi enak dipandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com