Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Mulus, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Tuntas Awal 2023

Kompas.com - 14/09/2022, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) merencanakan pengoperasian Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih pada awal tahun 2023 mendatang.

Hingga saat ini, proses konstruksi di Tol Simpang Indralaya-Prabumulih berjalan cukup baik, terutama terkait proses pembebasan lahan.

Ini dibuktikan dari progres pembebasan lahan ruas jalan hambatan berbayar tersebut telah menembus 96 persen. Sementara konstruksinya telah mencapai 77,35 persen.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan hal ini dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

“Di samping proses pengerjaan konstruksi yang telah mecapai 77,35 persen, proses pembebasan lahan di ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih juga berjalan dengan sangat baik yaitu mencapai 96 persen," jelasnya.

Baca juga: Hutama Karya Gandeng Anak Usaha Kebut Pembangunan Tol Indralaya-Prabumulih

Koentjoro menambahkan, kelancaran proses pembangunan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih tak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Sehingga, perusahaan optimistis dapat menuntaskannya tepat waktu.

Kehadiran Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang melintasi tiga kabupaten dan kota
yakni Ogan Ilir, Prabumulih, dan Muara Enim diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh
warga hingga 50 persen dari sebelumnya.

Selain itu, manfaat dari ruas jalan tol tersebut diharapkan dapat memudahkan mobilitas kebutuhan logistik, serta mampu meningkatkan perkembangan ekonomi di Sumatera Selatan (Sumsel).

Keontjoro menjelaskan, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih memiliki main road (jalan utama) sepanjang 65 kilometer dengan rencana kecepatan 100 kilometer per jam.

Jika nantinya tuntas, diperkirakan hanya membutuhkan waktu 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih. 

Tol ini juga dilengkapi dengan satu gerbang tol (GT), delapan overpass, satu rest area, serta 18 jembatan agar pengguna jalan tol merasa nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com