Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Sukseskan PTSL di Gresik, UMG Dapat Apresiasi Raja Juli Antoni

Kompas.com - 09/09/2022, 21:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni memberikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan BPN Gresik dan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) dalam menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Gresik, Jawa Timur.

Raja Juli mengatakan, kolaborasi ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia. Sehingga layak diberi apresiasi.

"Ini pertama kali di Indonesia, bisa jadi role model. Semoga tidak hanya di sini dan Jawa Timur, tapi juga daerah-daerah lain yang ada di Indonesia dalam menyukseskan program PTSL," ujar Raja Juli, kepada awak media pada saat menghadiri kegiatan Masa Ta'aruf (Ospek) di UMG, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Menilik Progres PTSL, Reforma Agraria, Hingga Penyelesaian Konflik Pertanahan

Raja Juli menyebut, pihak kampus dan mahasiswa dapat berkontribusi dan berperan aktif untuk membantu jajaran BPN, dalam upaya memberikan kepastian hukum dan hak atas tanah.


Dia menambahkan, kolaborasi seperti itu sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan dengan universitas, tapi juga dengan institusi lainnya.

"Ini kolaborasi untuk bisa memberikan keadilan, kepastian hak ke masyarakat, seperti yang sudah diinstruksikan oleh Presiden Jokowi," kata Raja Juli.

Rektor UMG Eko Budi Leksono menambahkan, kerja sama ini turut membantu BPN Gresik dalam agenda pengukuran objek tanah warga yang sedang melakukan pengurusan untuk mendapatkan sertifikat.

"Kami cukup senang dan bangga, UMG dapat berkontribusi positif membantu BPN Gresik dalam program PTSL di Gresik," ucap Eko Budi.

Sementara Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menambahkan, UMG sebagai salah satu universitas yang ada di Gresik, dalam dua tahun terakhir terbilang cukup maju dan berkembang pesat.

Selain itu, UMG juga mampu terus mewujudkan komitmen dalam menunjang pembangunan di Gresik.

"Terbukti, salah satunya adalah KKN UMG yang bekerja sama dengan BPN Gresik, sangat membantu pemerintah dalam program PTSL," tutur Yani.

Kepala BPN Gresik Asep Heri menuturkan, program PTSL dapat menjadi modal bagi pemerintah daerah dalam membangun perencanaan jangka panjang.

Sehingga nantinya, dapat turut memberikan sumbangsih positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com