Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun ASN Bali Dihuni 100 Persen, Ada Fasilitas Apa Saja?

Kompas.com - 09/09/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Bali telah penuh dihuni alias 100 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto saat melakukan kunjungan kerja ke Bali pada Jumat (9/9/2022).

"Rusun yang kami bangun untuk Pemprov Bali sudah penuh dihuni para ASN. Hal itu menunjukkan minat para ASN di Bali untuk tinggal di rusun cukup tinggi," ujar Iwan, mengutip rilis.

Kepala Balai P2P Jawa IV Sultan Sidik Nasution yang turut mendampingi kunjungan menambahkan, rusun ASN tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Meliputi meubelair, ruang pengelola, ruang pertemuan, ruang ibadah, dapur bersama, dan tempat parkir.

Baca juga: Perhatikan, Tata Cara dan Syarat Urus SKBG Sarusun untuk MBR

"Kami harap rusun ini bisa memberikan banyak manfaat bagi ASN agar bisa memberikan pelayanan publik yang baik untuk masyarakat karena mereka sudah memiliki tempat tinggal yang cukup nyaman," harapnya.

Rusun yang berlokasi di Jalan Nagasari, Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar tersebut dibangun dalam satu tower dengan hunian tipe 24 sebanyak 90 unit.

Lokasinya strategis karena jarak tempuh dari rusun ke tempat kerja ASN hanya butuh waktu 30 menit. Karenanya, banyak ASN yang mengajukan permohonan tinggal di sana.

Adapun pembangunan rusun disebut mampu mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada di Bali.

Selain itu, daya tampung unit hunian di rusun juga cukup banyak sehingga bisa mengembangkan perekonomian di daerah sekitar.

Baca juga: Dibangun Rp 600 Miliar, Ini Spesifikasi Rusun Pekerja Proyek IKN

Saat ini, Direktorat Jenderal Perumahan bersama pihak terkait tengah mengurus proses serah terima aset rusun tersebut agar bisa dikelola secara penuh oleh Pemprov Bali.

"Kami harap para penghuni rusun bisa menjaga kebersihan dan aset yang ada agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan nyaman untuk dihuni," tutup Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com