Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 2.332 Rusun Jakhabitat DP Nol Rupiah hingga Agustus 2022, Ini Sebarannya

Kompas.com - 09/09/2022, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Total ada sejumlah 2.332 unit Jakhabitat DP Nol Rupiah yang sudah diresmikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Melansir laman resmi Pemprov DKI Jakarta, telah dilaksanakan penyediaan hunian Jakhabitat DP Nol Rupiah sebanyak 984 unit hunian di 3 lokasi pada periode Januari 2018-Agustus 2019.

Meliputi Menara Samawa Nuansa Pondok Kelapa sebanyak 1 tower 780 unit, Tower Bunaken Sentraland Cengkareng sebanyak 1 tower 166 unit, dan Bandar Kemayoran sebanyak 2 tower 38 unit hunian.

Sementara pada Kamis (8/9/2022), sebanyak 1.348 unit Jakhabitat DP Nol Rupiah baru saja diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jumlah tersebut tersebar sebanyak 480 unit di Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa dengan 236 unit tipe studio dan 244 unit tipe 2 kamar tidur.

Baca juga: Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung Diresmikan, Intip Fasilitasnya

Selain itu juga tersebar sejumlah 868 unit hunian di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap dengan 538 unit tipe studio dan 330 unit tipe 2 kamar.

Ini merupakan bagian dari Jakhabitat dalam rangka memberikan hunian berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Perumda Sarana Jaya.

Terkait hal ini, Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi seluruh kebutuhan hunian warganya.

"Bagi yang memiliki hunian di bawah Rp 2 miliar maka Anda bebas PBB, yang huniannya di atas Rp 2 miliar untuk 60 meter persegi pertama tidak kena pajak," kata Anies.

Sedangkan bagi yang mencari rumah telah disiapkan berdasarkan kelompok penghasilan dalam wujud Rusunami, Rusunawa, dan lainnya.

Baca juga: Anies Hadirkan 2 Model Hunian Dekat Stasiun MRT, Sasarannya Kelas Menengah Jakarta

Kepala DPRKP DKI Jakarta Sarjoko menerangkan, pendaftaran hunian DP Nol Rupiah dilaksanakan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Perumahan Permukiman (SIRUKIM).

"Pendaftaran dalam waktu dekat dapat diakses melalui aplikasi SIRUKIM. Aplikasi ini juga terkoneksi dengan aplikasi sistem kependudukan yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta dan aplikasi sistem perpajakan yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta," papar Sarjoko.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dan mempercepat petugas dalam melaksanakan verifikasi atas kevalidan administrasi kependudukan serta kepemilikan aset rumah.

Masyarakat juga dapat melihat show unit serta mendapatkan layanan informasi terkait ketersediaan unit DP Nol hingga melakukan pendaftaran dengan mengunjungi Galeri Huni Jakhabitat di Taman Martha Tiahahu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com