Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI DKI dan Fakultas Teknik UI Bakal Buka Program Studi Magister Perencanaan Wilayah

Kompas.com - 08/09/2022, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Real Estate Indonesia (REI) DKI Jakarta dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) bakal membuka Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota.

Hal ini menyusul penandatanganan surat minat kerja sama antara Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI DKI Jakarta dengan Fakultas Teknik UI pada Kamis (8/9/2022).

Penandatanganan surat minat kerja sama tersebut dilakukan oleh Ketua DPD REI DKI Jakarta Arvin Fibrianto Iskandar dengan Dekan Fakultas Teknik UI Heri Hermansyah dalam Rapat Kerja Daerah (Rakernas) REI DKI Jakarta 2022.

Ruang lingkup surat minat kerja sama ini mencakup kolaborasi jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek adalah pengadaan pelatihan untuk memberikan pemahaman tentang bisnis real estat kepada anggota REI Jakarta.

Baca juga: Ahmad Riza Patria: Pemindahan Ibu Kota Tak Kurangi Kenyamanan Jakarta

Sedangkan untuk jangka panjang adalah pengadaan program studi seperti yang sudah disebutkan.

Tak hanya itu, juga akan dibuka kelas Program Profesi Insinyur khusus bagi anggota REI Jakarta.


Terkait hal ini, Heri mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan DPD REI Jakarta didukung oleh amanat perundang-undangan.

"Pertama sesuai dengan amanat UU bahwa semua pekerjaan yang terkait dengan profesi insinyur keteknikan itu syaratnya punya sertifikasi profesi tersebut," kata Heri.

Heri berharap bahwa kerja sama yang baru saja dilakukan bisa menjadi awalan bagi kedua pihak untuk berkolaborasi lebih lanjut.

Baca juga: REI dan AREBI Sepakat Tingkatkan Pemasaran Properti

Tambah Heri, Fakultas Teknik UI juga memiliki Program Studi Magister Urban Planning yang bisa dikembangkan menjadi peminatan terkait real estat.

"Sehingga bisa dikembangkan kerja sama degree lain," tutup Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com