Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Sampah Plastik, Resta Pendopo Km 456 Jalankan Program Inovasi Lingkungan

Kompas.com - 15/08/2022, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Tempat peristirahatan dan destinasi wisata milik PT Astari Marga Sarana, Resta Pendopo Km 456, terus menghadirkan berbagai inovasi terbaru. Salah satunya untuk pengurangan dan pengelolaan sampah.

Pada tahun 2022, sejumlah program inovasi lingkungan telah dijalankan tim Resta Pendopo Km 456. Mulai dari menghadirkan bank sampah plastik, pembuatan eco enzim, dan pemanfaatan teknologi digital dalam pemesanan makanan di UMKM.

Dalam melaksanakan program bank sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 menyediakan kotak yang disebut rebox, yang berlokasi di UMKM A&B (lantai 2). Rebox akan digunkan sebagai tempat mengumpulkan sampah kemasan air minum berbahan plastik dari pengunjung.

Baca juga: Ada 1.850 UMKM Jualan di Rest Area Jalan Tol, Di Mana Terbanyak?

Kemasan air minum berbahan plastik yang terkumpul di Resta nantinya disalurkan ke pengepul sampah. Sejak dimulai pada akhir bulan April sampai sekarang, sudah terkumpul 47 kg sampah kemasan air minum plastik.

Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana Michael Atmoko mengatakan, selain menghadirkan bank sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 juga menjalankan program inovasi pengelolaan sampah, yakni pembuatan eco enzim. 

"Aktivitas ini merupakan kegiatan pemanfaatan limbah kulit buah menjadi cairan eco enzim dan sudah berlangsung sejak Februari 2022," ujar Michale dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

Dikatakan, melalui proses eco enzim, pengolahan sisa kulit buah akan menghasilkan cairan pembersih lantai serta pupuk tanaman yang dapat dimanfaatkan di Rest Area

Selain itu, Resta Pendopo Km 456 juga berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital dalam pemesanan makanan di gerai UMKM untuk mengurangi penggunaan kertas.

Diapit oleh lima gunung ikonik di Jawa Tengah, Resta Pendopo Km 456 yang terletak di ruas Jalan Tol Trans-Jawa arah Semarang-Solo terus berinovasi untuk menghadirkan fasilitas-fasilitas terbaik bagi pengunjungnya.

Mengusung konsep One stop services under one roof, Resta Pendopo Km 456 menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari berbagai gerai kuliner, pusat oleh-oleh, hingga gerai fashion.

Baca juga: Khusus UMKM, Segini Aturan Harga Sewa Lapak di Rest Area Jalan Tol

Melengkapi fasilitas yang sudah tersedia sebelumnya, di bulan Juni tahun ini, Resta Pendopo Km 456 kembali menghadirkan tenant-tenant baru yang semakin meramaikan pilihan makanan dan minuman bagi pengunjung.

Tenant baru yang diisi oleh brand-brand kenamaan tersebut, di antaranya Kopi Kenangan, Golden Lamian, Roti’O, dan Outlet Fashion Minimal dan MOC yang menawarkan banyak promo menarik mulai dari buy one get one, pay one for two, hingga diskon sampai 50 persen.

Selain itu, untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Resta Pendopo Km 45 juga akan menyelenggarakan program Kemerdekaan.

Para pengunjung akan dapat menikmati berbagai promo dari tenant-tenant di Resta selama program berlangsung, seperti Diskon 17 persen, harga promo Rp 7.700, dan paket makanan serba Rp 77.237.

Berbagai aktivitas menarik juga diadakan, seperti mendekorasi gerai tenant sesuai dengan tema Kemerdekaan, dan akan ada lomba 17-an yang dapat diikuti oleh semua insan Resta Pendopo Km 456.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com