Akui Sinergi BUMN Matikan Swasta, Erick Thohir Bakal Bangun Ekosistem Kerakyatan

Kompas.com - 15/08/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui, sinergi yang dijalin BUMN mematikan para pengusaha swasta.

Ini disampaikan Erick saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Retail Summit 2022, Hari Belanja Diskon Indonesia dan Hari Retail Modern Indonesia 2022, Senin (15/8/2022).

"Kita tidak anti yang besar, sama berintrospeksi mengenai BUMN yang dianggap menara gading, benar. Sinergitas BUMN menjadi kuku yang tajam mematikan para pengusaha," terangnya.

Oleh karena itu, dia membongkar bagaimana agar BUMN bisa membangun ekosistem win-win (saling menang) dengan pengusaha swasta, terutama usaha kecil menengah (UKM), serta negara sahabat.

Dia menuturkan, kebijakan Indonesia mengedepankan ekonomi terbuka tentunya harus sesuai dengan pondasi kerakyatan sebagai dasarnya.

Oleh karena itu, dirinya selalu mengajak pimpinan BUMN, termasuk para pengusaha swasta, agar mau mendukung UMKM.

"Ayo, kita sama-sama bantu, tetapi dengan apa? BUMN memberi percontohannya dulu, dimana terus mendukung UMKM tidak hanya pendanaan, tetapi pendampingan tentunya perlunya akses pasar," ungkap dia.

Baca juga: Erick Thohir: Rakyat Nganggur, Industri Ritel Mustahil Tumbuh

Erick kembali menegaskan, Indonesia bukanlah negara yang anti merek asing maupun bekerja sama dengan banyak negara di dunia.

"Kita tidak anti merek asing, kita tidak anti berkolaborasi dengan banyak negara," ujar Erick menambahkan.

Contoh dari negara-negara yang berkolaborasi dengan Indonesia adalah Jepang, Spanyol, Ukraina, maupun negara tetangga seperti Malaysia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.