Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Integrasi Antar-moda, KAI Tata Stasiun Sukabumi

Kompas.com - 06/08/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta tengah menata kawasan Stasiun Sukabumi, Jawa Barat.

Hal ini menyusul penandatanganan perjanjian kerja sama (Mou) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan perjanjian ini bertujuan untuk mendukung peningkatan konektivitas transportasi kereta api (KA) dengan angkutan perkotaan di Kota Sukabumi.

"Diharapkan dapat mendukung program integrasi antar-moda sehingga masyarakat yang akan menuju stasiun dan sebaliknya akan lebih dimudahkan serta nyaman," kata Eva kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Sebelumnya area tersebut merupakan pasar yang kini telah ditertibkan dan dipindahkan ke Pasar Pelita.

Baca juga: Mengenal Monumen Lokomotif, Penyambut Wisatawan di Stasiun Bandung

Dulu akses kendaraan roda 4 juga kerap terhambat karena kemacetan di sekitar pasar serta ketersediaan lokasi parkir yang sangat minim.

Lebih lanjut, KAI Daop 1 Jakarta diketahui telah kembali mengoperasikan KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dan sebaliknya untuk menunjang aktivitas masyarakat.

Total ada 6 perjalanan KA per hari dengan tarif Rp 45.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 80.000 untuk kelas eksekutif.

Selain dengan Pemkot Sukabumi, KAI Daop 1 Jakarta turut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk membangun ruang terbuka hijau (RTH) di Pasar Rengasdengklok.

Baca juga: Mulai 30 Juli, Stasiun BNI City Buka Layanan KRL Commuter

Untuk mengakomodir kebutuhan transportasi KA, saat ini terdapat 7 perjalanan KA jarak jauh yang melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang.

Jumlah tersebut diketahui lebih banyak jika dibandingkan 2 tahun lalu. Stasiun Karawang juga melayani 6 perjalanan KA lokal relasi Cikarang-Purwakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com