Kompas.com - 05/08/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesa (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta akan membangun ruang terbuka hijau (RTH) di Pasar Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Hal ini menyusul penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Melansir rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/8/2022), proyek ini dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan dan penjagaan aset KAI yang tersebar di berbagai lokasi.

Selain itu, KAI Daop 1 Jakarta melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang untuk 7 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh.

Jumlah perjalanan KA jarak jauh yang melalui Stasiun Karawang saat ini diketahui lebih banyak dibandingkan 2 tahun lalu.

Baca juga: Beroperasi Penuh Juni 2023, Ini Progres Proyek Kereta Cepat

Tak hanya perjalanan KA jarak jauh, Stasiun Karawang juga melayani 6 perjalanan KA lokal relasi Cikarang-Purwakarta.

Beralih ke daerah Sukabumi, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan penataan kawasan Stasiun Sukabumi guna menunjang aktivitas pengguna jasa.

KAI Daop 1 Jakarta turut mengoperasikan kembali KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor dan sebaliknya.

Total terdapat 6 perjalanan KA per hari dengan tarif Rp 45.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 80.000 untuk kelas eksekutif.

Perusahaan KA ini menyatakan pihaknya siap berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengembangan perekerataapian di wilayah Sukabumi.

Baca juga: Rangkaian Kereta KCJB Jadi Unit Kereta Cepat Pertama yang Diekspor China ke Mancanegara

Di sisi lain, Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Suryawan Putra Hia menyampaikan perjanjian ini merupakan langkah nyata kerjasama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Pemerintah.

Ke depannya, para pihak dapat berkolaborasi untuk penataan lingkungan sekitar stasiun guna menunjang aktivitas masyarakat sesuai kewenangan dan ketentuan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.