Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobby Nasution Benahi Infrastruktur di Medan Bagian Utara, Mulai Jembatan Sampai Benteng Rob

Kompas.com - 13/06/2022, 21:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur di Medan Bagian Utara seperti Jembatan Titidua Sicanang menjadi program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Saat ini, progres pembangunan jembatan yang menghubungkan dua kelurahan yakni Belawansicanang dan Belawanbahari, Kecamatan Medanbelawan, sudah 30 persen.

Pengerjaannya terus dikebut dan ditargetkan Oktober 2022 selesai.

Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, Bobby meninjau lokasi. Dia meminta doa dari masyarakat agar jembatan bisa digunakan sesuai jadwal.

Pasalnya, pembangunan jembatan sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu namun selalu terkendala, salah satunya adalah kondisi alam.

Baca juga: Tiga Acara Besar Bakal Dihadiri Presiden Jokowi, Pemkot Medan Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Pada masa pemerintahan Bobby, perbaikan Infrastruktur termasuk dalam lima program prioritasnya.

"Ini bentuk keseriusan dan komitmen merealisasikan janji dan program yang telah dicanangkan. Selain Jembatan Sicanang, penanganan banjir rob, perbaikan infrastruktur jalan dan drainase juga dilakukan di kawasan Medan bagian utara," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting, Senin (13/6/2022).

Untuk kawasan Medan bagian utara, pihaknya saat ini tengah mengaspal dan membeton 11 jalan di tiga kecamatan yaitu Medanmarelan, Medanbelawan dan Medandeli.

Pembetonan swakelola ini dilakukan di Jalan Serma Hanafiah Belawan, Jalan Kapten Rahmadbuddin Gang Jambu, Gangg Misdi dan Gang Paluhnibung, Marelan.

Kemudian, Jalan Marelan V Gang Tower, Jalan Sumbawa 8, Jalan Gereja Gang Melati, Gang Saudara dan Gang Patambun, Marelan.

"Di Medandeli, kita lakukan pembetonan di Jalan Platina, Alfaka Raya dan Jalan Kawat. Total panjang pembetonan jalan di Medan utara sekitar dua kilometer," kata Topan.

Pengaspalan juga dilakukan di Jalan Yong Panah Hijau, Jalan Ileng, Jalan M Basir, Jalan Datuk Rubiah dan Jalan Jala 20, Marelan.

Di Medanlabuhan, pengaspalan dilakukan di Jalan Jaringraya, Jalan Tuarraya, Jalan Tuarindah, Jalan Rawe 7, Jalan Payabakung, Jalan Masjid Lorong 1 dan Jalan Payabakung Gang Sekolah.

"Pengaspalan ini merupakan pemeliharaan berkala yang kita lakukan. Total panjang jalan yang di aspal sekitar 14 kilometer. Sesuai arahan Pak Bobby Nasution, kualitas aspal harus bagus dan baik agar ketahanan jalan tetap terjaga," sebutnya.

Topan menambahkan, rehabilitasi sejumlah drainase pun dilakukan, diantaranya di Jalan PLTU dan Jalan PLTU Gang Delima, Medan Belawan.

Jalan Marelan 6 Pasar 2 Barat dan Jalan Marelan 7. Terakhir, membangun kolam retensi dan benteng rob sebagai penanganan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com