Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Pasien Nyaman, Mandaya Royal Hospital Puri Dirancang Bak Hotel Berbintang

Kompas.com - 10/06/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercepat kesembuhan pasien, bukan hanya sisi medis yang harus diperhatikan, melainkan juga sisi emosional.

Salah satunya bisa diwujudkan melalui pelayanan, fasilitas lengkap hingga desain arsitektur rumah sakit.

Seperti di Mandaya Royal Hospital Puri, Tangerang, Banten yang berusaha untuk memperhatikan kebutuhan pasien dan keluarga lewat desain hangat dan ramah.

Baca juga: Warna Interior Rumah Sakit Bisa Memicu Kesembuhan Pasien, Seperti Apa?

CEO Mandaya Hospital Group Anastina Tahjoo mengatakan, motto Mandaya Royal Hospital Puri adalah patient, family and center care.

“Kebutuhan pasien pas sakit apa? Mereka butuh tenang, nyaman, bahagia karena dia dalam keadaan stres,” ujar Anna saat ditemui Kompas.com dalam acara Lauch Event Nuclear Medicine Molecular Theranostic di Mandaya Royal Hospital Puri, Jumat (10/6/2022).

Mandaya Royal Hospital PuriKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Mandaya Royal Hospital Puri
Jelas Anna, penerapan motto rumah sakit tersebut bisa dilihat melalui pemilihan warna yang tidak hanya didominasi oleh putih.

Desain Mandaya Royal Hospital Puri menggunakan warna-warna lembut, seperti coklat, abu-abu, putih tulang, hijau kalem dan warna senada lainnya.

“Kalau warna putih kan sudah terkenal dengan rumah sakit ya, jadi kita pakai warna kalem. Kesannya ke pasien itu lebih ramah,” tambahnya.

Baca juga: Bisa Picu Kesembuhan Pasien, Begini Desain Interior Rumah Sakit yang Baik

Mendukung pernyataan tersebut, Presiden Direktur Mandaya Hospital Group Ben Widjaja memaparkan bahwa Mandaya Royal Hospital Puri menerapkan gaya rustic di desain interiornya.

“Jadi kalau kita di Mandaya ada yang kita namakan Mandaya patient and family experience concept. Jadi konsep pengalaman pasien dan keluarga,” katanya kepada Kompas.com.

Mandaya Royal Hospital PuriKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Mandaya Royal Hospital Puri
Menurutnya, kebanyakan rumah sakit hanya memikirkan medisnya saja, tetapi mereka lupa bahwa yang sedang diobati bukan barang rusak, melainkan manusia yang membutuhkan pelayanan medis, emosional, dan sosial.

Jelasnya, hal yang sering dilupakan adalah keluarga pasien yang harus menemani di rumah sakit. Biasanya mereka akan tidur di tempat yang tidak nyaman, seperti di kursi atau lantai.

“Jadi di Mandaya ini kita konsepnya adalah benar-benar menjaga keluarga karena kalau pasien sakit, keluarganya bisa ikut stres, bisa ada impact terhadap emosionalnya. Lalu jika keluarganya ikut sakit, maka pasiennya juga ikut stres,” tambahnya.

Oleh karena itu, Mandaya Royal Hospital Puri menyediakan ruang inap untuk keluarga pasien yang menemani di rumah sakit.

Untuk diketahui, rumah sakit ini dikelola oleh Mandaya Hospital Group, anak perusahaan perawatan kesehatan dari Selaras Holding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com