Bisa Picu Kesembuhan Pasien, Begini Desain Interior Rumah Sakit yang Baik

Kompas.com - 20/05/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam membangun rumah sakit terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya berkaitan dengan desain interior ruangannya.

Sebab, rumah sakit bersinggungan dengan kesehatan serta keselamatan nyawa seseorang. Oleh sebab itu, ruangan rumah sakit baiknya memiliki lingkungan yang memicu kesembuhan.

Sebagaimana dikatakan Pakar Desain Interior Rumah Sakit, Dina Hartadi, healing environment atau lingkungan yang mendorong penyembuhan pasien memiliki peranan penting.

Terutama untuk memberikan kesan pertama yang positif bagi pasien ketika masuk ke rumah sakit. Atau tidak mengundang rasa takut.

Baca juga: Ini Hasil Rehabilitasi 3 Fasilitas Kesehatan di Sulteng Pasca-bencana

"Dengan mengurangi stres pasien yang masuk ke rumah sakit, akan menambah tingkat kesembuhan penyakitnya sebanyak 20 persen, itu berdasarkan penelitian di Amerika," ujar Dina Hartadi dalam Webinar Inovasi Interior Publik, Kamis (19/05/2022).

Adapun lingkungan yang mendorong untuk penyembuhan diciptakan melalui desain interior yang menghasilkan suasana nyaman dan fasilitas mendukung.

"Tidak hanya mengurangi stres pasien, melainkan juga pengunjung, paramedis, dan pekerja di rumah sakit," imbuhnya.

Menurut dia, ada beberapa elemen dapat menciptakan lingkungan yang mendorong proses penyembuhan di rumah sakit.

Meliputi, warna, taman, ruangan yang memiliki pemandangan ke arah luar (alam), gaya atau suasana ruangan, art atau desain grafis, pencahayaan, hingga layout.

Elemen pertama yaitu warna, harus dipilih secara tepat agar dapat mendorong penyembuhan. Misalnya warna-warna yang pastel dan lembut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.